Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cara Mengatasi Rasa Gundah Lihat Orang Sengsara

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbagai unggahan di media sosial saat ini sedang dipenuhi cuplikan kesengsaraan warga Palestina dan krisis kemanusiaan yang disayangkan banyak pihak. Hal ini membuat banyak orang merasa sedih, dan berempati. Tak sedikit suasana hati banyak orang ikut terganggu karena menyaksikan penderitaan orang lain.

Sampai-sampai, mereka jadi tidak bisa menjalankan aktivitasnya karena menyaksikan hal-hal tersebut. Jika itu terjadi kepada Sobat Holopis, ini beberapa cara yang bisa menenangkan hati dan membantu mengontrol rasa berempati tersebut.

Melihat penderitaan orang lain bisa sangat menyedihkan dan membuat kita merasa terganggu. Bagaimanapun, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menenangkan diri ketika Anda sedih melihat penderitaan orang lain:

1. Sadari perasaan yang dimiliki

Pertama, penting untuk menyadari bahwa perasaan sedih adalah respons empati alami terhadap penderitaan orang lain. Ini menunjukkan bahwa Sobat Holopis memiliki perasaan dan peduli terhadap kehidupan orang lain.

2. Berbicara dengan seseorang

Berbicara dengan teman, keluarga, atau seseorang yang Anda percayai dapat membantu Anda melepaskan perasaan dan berbagi beban emosi Sobat Holopis. Terkadang, berbicara dengan seseorang yang juga merasa seperti Sobat Holopis dapat memberikan dukungan.

3. Bermeditasi

Meditasi dapat membantu menenangkan diri dan meredakan perasaan sedih. Cobalah berfokus pada pernapasan Sobat Holopis dan mencoba melepaskan perasaan sedih dengan setiap napas.

4. Beribadah

Beribadahlah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Dengan mencurahkan isi hati kepada Tuhan, Sobat Holopis bisa merasa didengarkan, dan beban-beban di dalam hati pun bisa terasa berkurang.

5. Jangan merasa bersalah

Terkadang, orang merasa bersalah karena merasa bahwa mereka tidak bisa melakukan banyak hal untuk membantu orang yang menderita. Ingatlah bahwa Sobat Holopis tidak selalu bisa mengatasi semua masalah orang lain, tetapi hal itu tidak berarti Sobat Holopis tidak peduli.

6. Berbuat baik

Membantu orang lain atau berkontribusi pada amal dapat membantu Sobat Holopis merasa lebih baik. Meskipun  tidak bisa mengubah situasi orang yang menderita, Sobat Holopis masih bisa memberikan bantuan atau dukungan dalam bentuk lain.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

4 Cara Atasi Perasaan Cepat Tersinggung

Perasaan cepat tersinggung bisa mengganggu hubungan interpersonal dan mempengaruhi kesejahteraan mental.

Tiba-tiba Galau Saat Tengah Malam? Coba Deh Lakukan Ini

Pernah nggak tiba-tiba tengah malam, Sobat Holopis terjaga dari tidur dan merasa galau tanpa alasan yang jelas? Gak jarang, rasa galau ini datang begitu saja dan bikin tidur kita jadi terganggu.

Cara Atasi Amarah Agar Lebih Tenang

Mengelola amarah dengan efektif adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental dan hubungan yang harmonis. Dibutuhkan pemahaman terhadap diri sendiri, ketenangan, dan aktivitas fisik agar mental semakin segar dan tidak terbelenggu dengan pikiran-pikiran negatif.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru