Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBeli Rumah Rp5 Miliar Dapat Potongan Pajak, Sri Mulyani Ungkap Syaratnya

Beli Rumah Rp5 Miliar Dapat Potongan Pajak, Sri Mulyani Ungkap Syaratnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani menjelaskan perihal pemberian insentif atau potongan pajak untuk pembelian properti berupa pembebasan PPN, atau PPN ditanggung pemerintah (PPN DTP).

Dia menyebut, bahwa insentif yang akan diberlakukan mulai November 2023 tersebut tidak hanya berlaku untuk pembelian properti atau rumah dengan harga Rp2 miliar saja, tetapi juga diberikan untuk rumah sampai seharga Rp5 miliar.

“Kita memperluas sampai rumah Rp5 miliar, namun PPN yang di-DTP-kan hanya sampai Rp2 miliar. Artinya untuk harga rumah di atas Rp2-5 miliar masih membayar PPN-nya seperti semula. Tapi sampai dengan Rp2 miliar pertama ditanggung pemerintah,” jelasnya dalam konferensi pers KSSK yang dikutip Holopis.com, Jumat (3/11).

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa program insentif PPN DTP akan berlangsung selama 14 bulan, yakni mulai November 2023 hingga Desember 2024 mendatang. Namun untuk rumah seharaga Rp2-5 miliar, hanya berlangsung hingga Jumi 2024 saja.

“Dalam hal ini, dari November 2023-Juni 2024 PPN yang di-DTP adalah 100 persen. Mulai Juli 2024 hingga Desember 2024, PPN DTP adalah hanya 50 persennya,” terangnya.

Sebagai informasi Sobat Holopis, pemberian insentif berupa PPN DTP dalam pembelian properti ini bertujuan untuk mendorong investasi. Pasalnya, investasi merupakan salah satu pilar penting dalam menopang produk domestik bruto (PDB) di tengah ketidakpastian global saat ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).