HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasangan bacapres dan bacawapres dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan melakukan ziarah ke makam Presiden pertama RI, Soekarno atau yang biasa disapa Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, pada Jumat (3/11) besok.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menuturkan, bahwa pada momen tersebut, keduanya akan ditemani oleh Ketua Umum DPP PDIP sekaligus anak sulung Soekarno, Megawati Soekarnoputri.

“Besok Ibu Megawati Soekarnoputri beserta keluarga dan juga Pak Ganjar, Prof. Mahfud MD, akan berziarah ke makam Bung Karno di Blitar,” kata Hasto dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (2/11).

Hasto menyebut, kegiatan ziarah atau nyekar ke makam Bung Karno itu merupakan tradisi yang dibangun oleh pihaknya, sebagai wujud penghormatan terhadap Soekarno yang merupakan Bapak Proklamator Kemerdekaan RI.

“Ini sebagai suatu (budaya), tidak hanya penghormatan terhadap Bapak Proklamator, Bapak Bangsa Indonesia, tapi juga untuk memulai segala sesuatunya seperti Bung Karno. Sepanjang hidupnya bagi bangsa dan negara,”

Bagi Hasto, Soekarno merupakan sosok pemimpin bangsa senantiasa mendedikasikan seluruh hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Seluruh aspek spiritualisme itulah yang akan dilakukan di dalam kegiatan ke Blitar tersebut,” tutup Hasto.