Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Paus Fransiskus Sebut Israel dan Palestina Dua Bangsa yang Harus Hidup Bersama

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memanasnya konflik Israel dan Palestina turut menyita perhatian Paus Fransiskus, dimana ia menyebut bahwa kedua negara tersebut merupakan Bangsa yang harus hidup berdampingan, sehingga solusi dua ngara diperlukan menyikapi hal ini.

Selain itu, Paus Fransiskus juga menyerukan status khusus bagi Yerusalem, dan ada pun ia berharap eskalasi regional dapat dhihindari menyusul meningkatnya konflik Israel-Palestina.

“Itu adalah dua bangsa yang harus hidup bersama. Dengan solusi bijak itu, dua negara. Perjanjian Oslo, dua negara yang jelas dan Yerusalem dengan status khusus,” ungkap Paus, seperti dikutip Holopis.com, Kamis (2/11).

Kemudian, terkait Yerusalem yang memang dianggap suci untuk umat Kristen, Muslim dan Yahudi, Paus khawatir perang tersebut semakin membesar dan terjadi di wilayah tersebut.

“Perang di Tanah Suci membuat saya takut. Bagaimana orang-orang ini akan mengakhiri cerita ini?” ujarnya lagi.

Sebagai informasi, menurut kabar yang beredar di muka publik, kini korban meninggal dunia warga Palestina sudah mencapai hampir 10.000 orang.

Sebelumnya, PBB sendiri sudah mengeluarkan putusan bahwa mendesak Israel untuk segera melakukan gencatan senjata, hal itu didasari atas dasar pemungutan suara terkait konflik Israel-Palestina beberapa waktu lalu, dimana sebanyak 120 negara menyatakan setuju dalam hak vetonya, 45 negara memutuskan abstain, sedangkan 14 negara menolak.

14 negara yang menolak gencatan senjata tersebut yakni Amerika Serikat, Austria, Kroasia, Republik ceko, Fiji, Guatemala, Hungaria, Israel, Kepulauan Marshall, Federasi Mikronesia, Republik Nauru, Papua Nugini, Tonga, dan Paraguay.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru