HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tim Steward FIA, menyatakan bahwa Lewis Hamilton dan Charles Leclrec telah melanggar aturan balap penggunaan papan plank rangka bawah selama ajang F1 di Seri GP Austin, Amerika di sirkuit America pada Senin (23/10).

Dalam kejadian ini bermula ketika Kedua pembalap menggunakan papan rangka bawah yang tidak sesuai standar yakni 9mm yang seharusnya 10mm, yang berpotensi melanggar Pasal 3.5.9 e dari peraturan teknis Formula 1 2023 tentang standar penggunaan rangka papan bawah mobil F1.

“Ketebalan rakitan papan yang diukur normal ke permukaan bawah harus 10 mm (plus atau minus) 0,2 mm dan harus seragam saat baru,” kata Pengurus Steward FIA, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (24/10).

Steward FIA juga menjelaskan bahwa ketebalan yang harus digunakan minimum 9 mm untuk menerima keausan pada bagian bawah mobil dalam menyentuh tanah, sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pinggiran lubang baut.

“Ketebalan minimum 9 mm akan diterima karena keausan, dan kesesuaian dengan ketentuan ini akan diperiksa di pinggiran lubang yang ditentukan,” jelasnya.

Steward juga memberikan pelanggaran standar kepada Lewis dan Leclrec yaitu pengurangan point yang membuat mereka berdua harus mengalami penurunan peringkat, dan tidak mendapatkan point tambahan meskipun naik podium.

“Penalti standar itu adalah diskualifikasi bagi kedua pembalap,” tutupnya.