Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menko Muhadjir Apresiasi Pensi Teater Khamisa SD Muhammadiyah 5 Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengapresiasi gelaran pentas seni (pensi) atau teater Khamisa SD Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru bertajuk ‘Memburu Kitab Osadha Nawasena’.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut penting untuk memberikan nilai tambah bagi anak-anak Indonesia, khususnya siswa siswi SD Muhammadiyah 5.

“Saya senang sekali pagi ini bisa hadir di tengah-tengah ini. Kegiatan ini penting anak-anak itu tidak cukup diasah dari sisi kemampuan intelektual, kemampuan kecerdasan otanya saja tapi juga harus dipadukan dengan kemampuan dari sisi estetikanya, harus dibangkitakan,” kata Menko Muhadjir dalam sambutannya pembuka acara yang digelar di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa (17/10) seperti dikutip Holopis.com.

Tokoh Muhammadiyah yang juga mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan fisik seperti olahraga rutin juga mesti digelorakan seiringan dengan kegiatan akadamik di dalam kelas. Selain itu, penekanan yang terpenting adalah penguatan etika terhadap anak didik yang harus terus dikobarkan.

“Dan yang tidak kalah penting juga fisiknya, maka harus ada kegiatan olahraga yang rutin yang memastikan bahwa anak-anak perkembangan fisiknya. Dan yang peling penting lagi juga adalah masalah etika, sopan santun, budi pekerti, itu harus ditanamkan pada anak-anak kita,” kata Muhadjir.

“Karena budi pekerti itu adalah landasan utama oleh bangsa manapun. Dan Insya Allah kalau kita punya anak budi pekertinya bagus, jiwa seninya juga lebih baik, kegiatan seni itu juga merangsang otak anak kita, keseimbangan otak kanan dan kiri,” ujarnya.

Ketua LSBO PP Muhammadiyah, Prof. Agus Suradika, turut merasa bangga dengan gelaran teater Khamisa atau pentas seni (pensi) yang dilaksanakan oleh SD Muhammadiyah 5 Jakarta.

“Bangga dengan Khamisa, Khamisa artinya 5 (lima) Muhammadiyah 5 yang hari ini akan pagelaran dan ini merupakan kebanggaan,” jelasnya.

Kebanggaan itu, kata Agus Suradika, lantara lulusan dari SD Muhammadiyah dalam pendidikannnya selalu menunjukkan prestasi yang luar biasa. Dan kabar gembira, lanjutnya, tanggal 27 November juga akan ada pagelaran seperti ini di teater besar Taman Ismail Marzuki.

“Saya bangga pernah menjadi mejelis kepengurusan di sini dan tentu yang semakin maju berkat bimbingan dari Prof Muhadjir yang saya tau sangat intens memberikan dukungan kepada SD Muhammadiyah 5 Jakarta,” katanya.

Pengawas Pendidikan Kebayoran Baru, Hj. Sudarwati, juga turut mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap agar siswa-siswa SD Muhammadiyah 5 Jakarta terus semakin unggul dalam meraih prestasi akademik maupun nonakademik yang menjunjung tinggi budi pekerti.

Alhadulillah kita berada dalam kegiatan yang luar biasa. Saya sering diundang tapi tidak semeriah ini. Dalam mengimplementasikan P5 yang sedang didengung-dengungkan dalam melaksanakan kurikulum merdeka, kita berharap agar anak-anak kita unggul dalam prestasi akademik maupun nonakademik namum luhur dalam budi pekerti,” ujarnya.

“Dalam kegiatan ini tentunya punya tujuan yaitu menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan, jadi anak-anak tidak belajar terus dalam kelas tapi juga hari ini kita saksikan kebolehan anak-anak kita dari SD Muhammadiyah 5 Jakarta,” sambungnya.

Baca selengkapnya di halaman kedua.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru