Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizAirlangga Targetkan Revisi Aturan Impor Rampung 2 Minggu

Airlangga Targetkan Revisi Aturan Impor Rampung 2 Minggu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, bahwa pemerintah saat ini tengah berfokus untuk mengatur ulang atau merevisi peraturan terkait masuknya barang dari luar negeri alias barang impor.

Dia menjelaskan, revisi peraturan tersebut menjadi perhatian pemerintah menyusul banyaknya keluhan masyarakat dan para pedagang tentang maraknya barang impor di Indonesia, yang berpotensi mengganggu masyarakat dan pasar dalam negeri.

Untuk itu, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) peraturan di lintas Kemeterian/Lembaga terkait dengan impor tersebut ditarget rampung dalam kurun waktu 2 minggu ke depan.

“Bapak Presiden minta semua Peraturan Menteri tersebut bisa segera direvisi dalam waktu 2 minggu,” ujar Airlangga dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jumat (6/10) yang dikutip Holopis.com.

Dalam revisi aturan tersebut, pemerintah akan fokus pada pengetatan impor komoditas tertentu, diantaranya yakni pakaian jadi, mainan anak-anak, elektronik, alas kaki, kosmetik, barang tekstil sudah jadi lainnya, obat tradisional dan suplemen kesehatan, dan juga produk tas.

Saat ini, pengawasan yang sifatnya Post-Borderakan diubah menjadi pengawasan diBorder, dengan pemenuhan Persetujuan Impor (PI) dan juga Laporan Surveyor (LS).

“Perlu dilakukan pengetatan dengan mengubah pengawasan Post-Border menjadi Border, terhadap 8 kelompok Komoditas Tertentu. Sehingga ada regulasi yang harus diperbaiki dari Kementerian,” kata Airlangga.

Saat ini, dari total sebanyak 11.415 HS, terdapat ketentuan tata niaga impor (Larangan/ Pembatasan atau Lartas) terhadap 6.910 HS (sekitar 60,5 persen) dan sisanya sekitar 39,5 persen merupakan barang Non-Lartas.

Dari 60,5 persen komoditas yang terkena Lartas tersebut, sebanyak 3.662 HS (32,1 persen) dilakukan pengawasan di Boder dan sebanyak 3.248 HS (28,4 persen) dilakukan pengawasan Post-Border.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.

Sri Mulyani Ingatkan Digitalisasi Keuangan Daerah Bisa Timbulkan Malapetaka

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa pemerintah pusat sedang mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan modernisasi dan digitalisasi sistem keuangan daerah, khususnya terkait administrasi perpajakan.

APBN Agustus 2024 Defisit Lagi, Sri Mulyani Klaim Masih On Track

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) per akhir Agustus 2024 kembali mencatatkan defisit sebesar Rp 153,7 triliun.

Sri Mulyani Akui Pemerintah Bisa Bikin RI Terancam Middle Income Trap

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyoroti ancaman middle income trap atau jebakan kelas menengah yang tengah dihadapi Indonesia.