Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jalan Poros Samarinda Bontang Tidak Bisa Dilintasi Akibat Terendam Banjir

KALTIM, HOLOPIS. COM – Aksesnya jalan Poros penghubung Samarinda menuju Bontang terputus dan tidak bisa dilintasi akibat terendam banjir di kawasan tersebut.

Sandi, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Kutai Kartanegara jelaskan, tinggi muka air pada saat terjadi banjir berkisar antara 20-100 sentimeter. Hal ini juga menyebabkan jalan poros Samarinda menuju Bontang tidak dapat dilintasi kendaraan. Kondisi terkini dilaporkan banjir sudah mulai berangsur surut.

“Banjir saat ini sudah berangsur surut,” kata Sandi dalam rilis yang diterima, Minggu (29/8).

Tak hanya itu, 455 unit rumah terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi memicu banjir yang terjadi di wilayah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Sabtu (28/8) pukul 08.00 WITA.

Banjir ini berdampak pada Desa dan Kelurahan di Dua Kecamatan wilayah administratif Kutai Kartanegara. Dua Kecamatan ini antara lain, Kecamatan Marangkayu meliputi Desa Makarti dan Kecamatan Samboja meliputi Kelurahan Margomulyo, Kelurahan Sei Seluang, Kelurahan Solok Api Darat, Kelurahan Amborowang Laut.

“Proses evakuasi telah dilakukan, namun warga memilih masih bertahan di rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu di Kota Balikpapan, sebanyak empat kecamatan terdampak kejadian ini.

Adapun empat kecamatan terdampak antara lain Kecamatan Balikpapan Timur meliputi Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Kota meliputi Kelurahan Damai, Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Tengah meliputi Kawasan Gunung Sari Ulu, dan Kecamatan Balikpapan Utara meliputi Kelurahan Gunung Samarinda, Kelurahan Muara Rapak. Tercatat sebanyak 200 kk atau 800 jiwa terdampak dan masih terus dalam proses pendataan.

Kejadian ini tidak hanya memicu terjadinya banjir, tetapi juga memicu longsor dibeberapa titik. Dilaporkan ada enam titik yang mengalami longsor antara lain Kawasan Kelurahan Damai, Kawasan kelurahan Prapatan Kec Balikpapan Kota, Kawasan Kelurahan Telagasarai, Kawasan Gunung Sari Ulu, Kawasan Gunung Steling, dan Kawasan Kelurahan Muara Rapak Kec Balikpapan Utara.

BPBD Kota Balikpapan bersama tim gabungan dari unsur TNI/POLRI, Tim SAR, dan relawan mengerahkan personil dan armada untuk membantu penanganan banjir dan longsor dilokasi kejadian. Hingga saat ini, banjir dilaporkan sudah berangsur surut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru