Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Juru Wabah Dorong Presiden Pimpin Langsung Lembaga Penanganan Pandemi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono, persoalan penanggulangan pandemi Covid-19 tidak akan bisa solid jika lembaga tersebut tidak dipimpin secara langsung oleh Presiden.

Maka dari itu, badan yang khusus untuk penanggulangan pandemi ini perlu langsung dikontrol oleh Presiden Joko Widodo, bukan jajaran di bawahnya.

“Untuk menyelesaikan pandemi Covid-19, perlu Badan Penanganan Pandemi di bawah langsung Presiden,” kata dr Pandu, Minggu (29/8).

Menurut Pandu, berapa negara sudah melakukan hal tersebut. Mereka membentuk badan khusus yang bertujuan untuk penanggulangan pandemi dan dipimpin langsung oleh kepala negaranya.

“Lembaga ini dibentuk di China, Singapura, Taiwan ketika pengalaman mengatasi wabah SARS 2003,” ujarnya.

Perlu diketahui, bahwa Indonesia memiliki beberapa sub konsentrasi untuk penanganan pandemi Covid-19. Untuk mengatasi pembatasan kegiatan masyarakat dikendalikan langsung oleh Koordinator PPKM yang juga merupakan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Sementara untuk program vaksinasi dipimpin langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, ia memiliki kontrol penuh dalam pengadaan vaksin Covid-19 secara nasional.

Kemudian, pemerintah juga membentuk lembaga khusus yang bertugas untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional. Wadah ini diberi nama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) yang dipimpin oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Ketiga wadah tersebut di atas berkolaborasi dengan Satuan Tugas Nasional Penanggulangan Pandemi Covid-19 (Satgas Nasional Covid-91) yang dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru