Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jackpot! Jepara Dapat Bonus Rp24,4 Miliar dari Kemenkeu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kabupaten Jepara menjadi salah satu daerah yang memperoleh bonus berupa alokasi insentif fiskal dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dengan kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat Tahun 2023 sebesar Rp24,4 milliar.

Dana sebesar puluhan miliar itu didapat sebagai bentuk penghargaan atas capaian peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah Kabupaten Jepara kembali mendapat apresiasi dari Kemenkeu atas capaian peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara, Ronji dalam keterangan resminya yang dikutip Holopis.com, Rabu (4/10).

Terdapat empat kategori yang berhasil diraih Jepara, yaitu kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem, kinerja penurunan stunting, kinerja penggunaan produk dalam negeri dan kinerja percepatan belanja daerah.

“Jepara mendapat apresiasi dan intensif semua kategori tersebut,” kata Ronji.

Secara rinci, Kemenkeu memberikan alokasi dana fiskal sebesar Rp6,3 miliar (penanganan kemiskinan), Rp6,4 miliar (penurunan stunting), Rp5,7 miliar (penggunaan produk dalam negeri), dan Rp5,9 miliar (percepatan belanja daerah).

“Total alokasi yang kita dapatkan senilai Rp24,4 miliar,” kata dia.

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, bahwa prestasi ini merupakan prestasi yang diraih oleh seluruh elemen masyarakat Jepara, termasuk Forkopimda yang telah bersama-sama secara sinergis membangun Jepara.

“Ini adalah buah kerja keras kita bersama. Semangat gotong royong dan bahu membahu dengan tekad kuat mensejahterakan masyarakat,” kata Edy.

Nantinya, dana insentif fiskal tersebut akan digunakan untuk menuntaskan kemiskinan, pengentasan stunting dan pengembangan produk-produk usaha kecil yang ada di Jepara.

Sebelumnya Jepara juga menjadi satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang kinerja pengendalian inflasinya mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat hingga mendapatkan hadiah Rp9,6 milliar.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Prakiraan Cuaca Jateng Hari Ini, Ada Potensi Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Selasa 17 September 2024.

BMKG Prediksi Ada Potensi Hujan di Jateng Malam Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Sabtu 14 September 2024.

Cuaca Jateng Kamis 12 September Diprediksi Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini mengenai prakiraan cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Kamis 12 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru