Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizZulhas Diminta Lakukan Ini Usai TikTok Shop Tutup

Zulhas Diminta Lakukan Ini Usai TikTok Shop Tutup

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas nampaknya harus mengemban tugas tambahan usai penutupan TikTok Shop di Indonesia pada Rabu (4/10) sore nanti.

Seiring dengan berakhirnya operasional TikTok Shop di Tanah Air, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berpandangan, bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan TikTok Shop juga perlu diakhiri.

Dia pun memminta Zulhas untuk memastikan agar TikTok Shop memenuhi kewajibannya kepada seller, affiliator, termasuk konsumen. Hal ini penting untuk dilakukan guna mencegah adanya masalah baru.

“Kalau nggak, nanti siapa yang ngurus? Nanti itu akan menyalahkan pemerintah, Pak Mendag harus memastikan betul TikTok akan menjalankan itu,” kata Teten dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (3/10).

Teten menegaskan, pemerintah bukan bermaksud untuk melarang TikTok Shop menjalankan bisnisnya di Indonesia. Langkah pemerintah dalam melarang adanya social commerce, seperti TikTok Shop sejatinya adalah untuk menciptakan persaingan usaha yang sehat.

Pun jika TikTok ingin kembali berjualan di Indonesia, mereka harus membuka kantor berbadan hukum di Indonesia, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, selama ini TikTok diketahui baru menempatkan kantor perwakilan. Sedangkan untuk kantor perwakilan hanya boleh diizinkan untuk melakukan promosi saja.

“Jadi dia harus bikin kantor berbadan hukum di sini, bukan lagi perwakilan. Lalu karena termasuk usaha yang punya risiko, dia harus punya liasion dulu baru boleh mendapatkan izin untuk berjualan,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.