BerandaNewsEkobizSri Mulyani Bakal Bagi-bagi Duit Rp2 Triliun ke Desa-desa

Sri Mulyani Bakal Bagi-bagi Duit Rp2 Triliun ke Desa-desa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran Rp2 triliun untuk dibagikan ke desa-desa yang dinilai berprestasi.

Tak tanggung-tanggung, desa yang akan menerima dana tambahan berupa program dana desa yakni sebanyak 15.097 desa. Artinya 20 persen dari total desa yang ada di Indonesia akan menerima dana tambahan ini.

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa pemberian dana ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah pusat kepada daerah. Dengan begitu, diharapkan dapat memotivasi daerah-daerah lainnya untuk dapat mengukir prestasi.

“15 ribu desa lebih yang akan diberikan penghargaan desa dalam bentuk uang. Sehingga tadi dalam bentuk foto, diviralkan, dapat uang, dan punya harapan untuk bisa menjadi kayak Presiden jokowi nantinya, itu triple winning nantinya,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (3/10).

Penerbit Iklan Google Adsense

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Luky Alfirman lantas menjelaskan, bahwa masing-masing desa akan menerima dana dengan besaran yang berbeda.

“Secara rata-rata desa tersebut menerima Rp132 juta dengan alokasi tertinggi Rp174,64 juta diterima oleh 34 desa, terendah sebesar Rp35 juta diterima 106 desa,” jelas Luky.

Sejauh ini, Kemenkeu telah memberikan penghargaan secara simbolis kepada tiga perwakilan desa yang mendapat tambahan anggaran tersebut. Desa tersebut antara lain Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa ini mendapat tambahan dana sebesar Rp174,6 juta.

Kemudian ada Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang mendapat alokasi dana tambahan sebesar Rp174,6 juta.

Selanjutnya yakni Desa Sukojati. Desa yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini mendapat alokasi tambahan dana yang sama dengan dua desa sebelumnya, yakni Rp174,6 juta.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS