Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Demi Net Zero Emission, Pemuda Dorong Pemerintah Geser Energi Fosil ke EBT

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Co Founder Indonesia Muda, Ilham Ranjani memberikan dorongan kepada pemerintah untuk melakukan deregulasi terhadap produksi di dalam negeri, yang sebelumnya lebih menitikberatkan pada produksi energi melalui material fosil menuju energi baru terbarukan (EBT).

“Melihat perkembangan visi net zero emission, kita mendorong pentingnya transisi energi dari energi fosil menuju energi baru dan terbarukan,” kata Ilham dalam sebuah diskusi di Universitas Hamka (Uhamka) Jakarta Timur, Jumat (29/9) seperti dikutip Holopis.com.

Ia meminta agar pemerintah Indonesia bersedia melakukan langkah konkret bahwasanya perlu dilakukan percepatan dalam menuju energi bersih, mengingat komitmen Indonesia dalam konferensi Internasional seperti KTT G-20 dan KTT ASEAN dalam melakukan percepatan transisi tersebut.

“Perlu segera dilakukan pemberlakuan regulasi EBT untuk membuat transisi energi secara bertahap,” ujarnya.

Kemudian, di dalam mempercepat transisi energi secara optimal tersebut, Ilham mengatakan bahwa diperlukan transisi secara cepat dan tepat, sehingga diperlukan sinergitas aturan dan pemahaman di tengah masyarakat.

Terlebih saat ini, kondisi udara di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya pun tengah tercemar akibat limbah hasil produksi energi dengan bahan fosil mencemari udara. Akibatnya, udara yang ada cenderung tidak sehat dan bisa mengancam kesehatan masyarakat.

“Semua unsur harus berperan aktif dalam udara bersih di Jakarta,” tegasnya.

Diskusi di Uhamka

Lebih lanjut, Ilham menyampaikan bahwa transisi energi sangat penting bagi optimalisasi penggunaan listrik membuat berbagai perusahaan plat merah, khususnya BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak di bidang energi.

“Khususnya PLN melakukan pergeseran energi listrik dengan bahan bakar yang ramah lingkungan,” papar Ilham.

Semangat dan komitmen ini menurut Ilham harus dimiliki oleh semua stakeholder yang ada, sehingga dapat direalisasikan dengan baik dan maksimal.

“Jadi semua unsur harus terlibat, dari hulu sampai hilir, dari Pembuat UU yakni DPR, pembuat kebijakan (pemerintah) sampai rakyat yang merasakan,” ucap Ilham.

“Dan perlu di ingat, bulan-bulan ini pun lagi terjadi gejala El Nino tingkat tinggi, jadi kita harus sama-sama menjaga lingkungan, serta bumi kita,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru