Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cak Imin Tak Ingin Lanjutkan Food Estate Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menyampaikan bahwa program food estate yang dijalankan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak efektif untuk menyelesaikan persoalan pangan di Indonesia.

Menurutnya, ketimbang food estate, sebaiknya negara melakukan upaya lain demi meningkatkan hasil pertanian masyarakat dengan pengawalan pemerintah secara langsung.

“Produktivitas pangan ini harus digerakkan secara masif, bukan melalui food estate, tapi melalui peningkatan produktivitas lahan dan tanah milik rakyat dan petani,” kata Cak Imin di Hotel Bidakara, Rabu (27/9) seperti dikutip Holopis.com.

Bawacapres Anies di Pilpres 2024 tersebut bakal mengoptimalkan manajemen pertanahan rakyat untuk kebutuhan peningkatan sektor pertanian.

“Pengorganisasian manajemen pengelolaan tani yang lebih besar dan dipimpin oleh pemerintah,” lanjutnya.

Bahkan secara terbuka, Wakil Ketua DPR RI tersebut menyebut bahwa program Presiden Jokowi tentang food estate sudah gagal total.

“Food estate terbukti gagal. Maka jalan cepat yang bisa dilakukan adalah mengintensifkan tanah pertanian punya rakyat diorganisir dengan manajemen bisnis pangan raksasa nasional,” ujarnya.

Kolaborasi pengelolaan tanah pertanian rakyat dengan bisnis pangan raksasa nasional ini menurut Cak Imin adalah langkah yang efektif untuk menekan dorongan impor pangan dari negara lain.

“Kalau nggak, kita impor terus, bahaya, karena negara-negara produsen pun pada saat titik tertentu akibat El Nino, akibat krisis pangan global akan tindak mengekspor barang ke kita,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru