Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Mata Terkena Balsem

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Meskipun tangan sudah berhati-hati ketika menyentuh balsem, kadang sifat lupa tetap bisa muncul dan bisa saja tak sengaja membuat mata tersentuh dengan balsem yang masih tersisa di tangan.

Balsem di mata pastinya langsung memberikan efek yang panas dan pedas di mata. Namun jangan panik, ada beberapa tips pertolongan pertama yang bisa dilakukan, jika hal ini terjadi dengan Sobat Holopis.

1. Jangan Panik

Ketika mata terkena balsem atau bahan irisan lainnya, hal pertama yang harus diakukan adalah tetap tenang. Panik hanya akan membuat situasi lebih buruk. Cobalah untuk bernapas dalam-dalam dan tenangkan diri sebelum melanjutkan dengan langkah-langkah pertolongan pertama.

2. Bilas Mata dengan Air Bersih

Langkah pertama yang harus Sobat Holopis lakukan adalah segera membilas mata yang terkena balsem dengan air bersih. Ini bisa dilakukan dengan membuka mata lebar-lebar dan membiarkannya terkena aliran air yang lembut. Bilas mata selama minimal 15 menit. Pastikan air yang digunakan bersih dan bebas dari kotoran atau bahan iritan lainnya.

3. Jangan Menggosok atau Mengucek Mata

Selama proses pembilasan mata, jangan mencoba menggosok atau mengucek mata. Ini dapat menyebabkan lebih banyak iritasi dan bahkan kerusakan. Biarkan air bekerja untuk membersihkan balsem dari mata.

4. Gunakan Cairan Mata atau Air Garam

Setelah membilas mata dengan air bersih selama 15 menit, bisa juga menggunakan cairan mata steril atau larutan garam untuk membantu mengurangi iritasi. Sobat Holopis bisa menggunakan cairan mata khusus atau membuat larutan garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air steril. Teteskan larutan tersebut ke dalam mata dengan lembut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru