Rabu, 2 Oktober 2024
Rabu, 2 Oktober 2024
NewsEkobizJokowi Bilang Aturan TikTok Shop Cs Bakal Segera Rampung

Jokowi Bilang Aturan TikTok Shop Cs Bakal Segera Rampung

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung terkait rencana pemerintah untuk mengatur aktivitas e-commerce berbasis media sosial, seperti TikTok Shop. Dia mengatakan, aturan tersebut akan segera selesai dalam waktu dekat.

“Ini baru disiapkan, itu kan lintas kementerian dan ini memang baru difinalisasi di Kementerian Perdagangan,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis yang dikutip Holopis.com, Sabtu (23/9).

Jokowi menuturkan, aturan yang dirancang pemerintah tersebut akan mengatur antara media sosial dan platform perdagangan atau ekonomi. Sebab menurutnya, media sosial seharusnya bukan sekaligus sebagai media ekonomi.

“Mestinya dia itu sosial media bukan ekonomi media, itu yang baru akan diselesaikan untuk segera diatur,” ungkapnya.

Selain itu, hadirnya media sosial yang selaligus sebagai tempat jualan juga akan berdampak negatif terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia, dan juga aktivitas perekonomian di pasar konvensional.

“Karena kita tahu itu berefek pada UMKM, kepada produksi di usaha kecil, usaha mikro, dan juga pada pasar. Ada pasar, di beberapa pasar mulai anjlok menurun karena serbuan,” tandasnya.

Adapun aturan yang dimaksud Jokowi adalah revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 50 Tahun 2020 tentang Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkfli Hasan alias Zulhas juga sebelumnya telah menyampaikan bahwa revisi Permendag 50 tahun 2020 itu akan segera rampung dalam waktu dekat.

“Permendagnya kan sebentar lagi jadi, tunggu aja. Minggu depan (rampung),” ujarnya pada Jumat (22/9) kemarin.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Loading...
Loading...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Inflasi Turun, Ekonom Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa di Bawah 5 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi tahunan Indonesia pada September 2024 mengalami penurunan menjadi sebesar 1,84 persen.

Deflasi RI 5 Bulan Beruntun Cetak Rekor Terpanjang Setelah Krismon

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada September 2024 kembali mengalami deflasi, yang secara bulanan atau month to month (mtm) sebesar 0,12 persen.

Konflik Timur Tengah Memanas, Indonesia Harus Waspadai Ini

Indonesia harus mewaspadai sejumlah dampak dari tensi Geopolitik di kawasan Timur Tengah semakin memanas, setelah serangan yang diluncurkan Iran terhadap Israel baru-baru ini.

Update Harga Emas di Pegadaian, Rabu 2 Oktober 2024

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) mayoritas terpantau tidak mengalami perubahan pada perdagangan akhir pekan ini, Rabu 2 Oktober 2024.