HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi meminta para relawan untuk tidak terburu-buru untuk memilih sosok capres yang akan didukung pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam Rembugnas relawan Solmet di Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (16/9), Jokowi menyebutkan belum adanya koalisi yang jelas membuat dirinya mengajak para relawan untuk menahan diri dalam memberikan dukungan terlebih dahulu.

Padahal, Jokowi yang telah dicap sebagai petugas partai PDIP itu diketahui hadir dalam deklarasi PDIP yang resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres.

“Partai-partai sampai saat ini koalisinya kan belum jelas betul. Calonnya juga belum, wakilnya siapa juga belum jelas betul. Karena yang bisa mengajukan capres dan cawapres itu adalah partai politik atau gabungan partai politik menurut UU kita,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (17/9).

“Jadi relawan itu kita nunggu. Nunggu sampai ini rampung dulu, jadi jangan grusa grusu,” lanjutnya.

Jokowi pun dalam pernyataannya kemudian seakan memberi sinyalemen bahwa pada sampai saat ini masih bersabar dan belum memutuskan untuk memberikan dukungan kepada capres manapun.

“Harus sabar dulu. Setuju ndak ? Saya saja bisa sabar, masa bapa ibu gak bisa sabar,” tegasnya.

Mantan Wali Kota Solo itu pun meminta agar para relawan menunggu secara lengkap koalisi terbentuk baru sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan dukungan. Yang pasti, lanjut Jokowi, relawan diharapkan tidak bergerak terlalu dini dengan deklarasi dukungan kepada capres tertentu.

“Jadi kita menunggu koalisinya seperti apa, menunggu calonnya seperti apa. Kalau ingin memanaskan mesin ya silahkan, mesinnya dipanaskan, tapi jangan dijalankan dulu. Internal struktur relawan diperkuat, jangan tergesa-gesa,” imbaunya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian juga mengingatkan agar para relawan tetap tegak lurus mengikuti komandonya demi kesejahteraan.

“Semua kita ingin sejahtera, oleh sebab itu saya sangat hargai, terima kasih atas yang tadi telah disampaikan, tegak lurus, ga usah saya lanjutkan, tegak lurus udah nangkep semuanya kan,” tandasnya.