Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Mau Percepat Penyaluran PMN Rp28,1 Triliun Kepada 3 BUMN Ini

Sri Mulyani Mau Percepat Penyaluran PMN Rp28,1 Triliun Kepada 3 BUMN Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati berencana untuk mempercepat penyaluran Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan total nilai mencapai Rp28,1 triliun.

“PMN pada 3 BUMN akan dicairkan pada awal 2024, yaitu triwulan I,” ujar Sri Mulyani dalam rapat kerja bersama DPR RI yang dikutip Holopis.com, Selasa (12/9).

Nantinya, dana PMN bernilai puluhan triliun tersebut akan disalurkan kepada tiga BUMN, yakni PT Hutama Karya (Persero) sebesar Rp18,6 triliun, PT BPUI (Persero) Rp3,5 triliun dan PT Wijaya Karya (Persero) Rp 6 triliun.

Sri Mulyani menjelaskan, rencana percepatan pencairan PMN tersebut merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka menyehatkan keuangan BUMN. Dia pun berharap agar rencana segera dibahas dengan Komisi XI DPR RI.

“Kami mohon untuk bisa dilakukan pembahasan dengan komisi XI karena timingnya menentukan kesehatan BUMN tersebut,” tuturnya.

Secara lebih rinci, Sri Mulyani menjelaskan, dana PMN yang disalurkan terhadap HK adalah untuk menyelesaikan Tol Trans Sumatera tahap I dan proyek tol Bogor, Ciawi dan Sukabumi.

“Kita harapkan dengan PMN yang dikaitkan dengan kemajuan proyek akan makin akuntable. Sehingga masuk neraca tanpa ada kaitannya proyek mana yang diselesaikan,” papar Sri Mulyani.

PT BPUI butuh tambahan permodalan untuk IFG Life dalam penyelesaian pengalihan polis hasil restrukturisasi dari PT Asuransi Jiwasraya.

“Dari BPUI ini masih ada kekurangan dalam penyelesaian polis sebesar Rp 3,556 triliun yang kami harap bisa awal 2024,” terangnya.

Sementara WIKA dengan besaran dana Rp 6 triliun tersebut akan digunakan untuk menyelesaikan proyek strategis nasional (PSN).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.