Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Gunung Berapi Kilaulea di Hawaii Kembali Meletus Usai Tenang 2 Bulan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kilaulea, salah satu gunung berapi paling aktif di dunia yang berada di taman nasional Big Island, Hawaii, Amerika Serikat kembali meletus pada hari Minggu (10/9), setelah sempat tenang selama dua bulan.

Observatorium Gunung Api Hawaii mengatakan letusan yang terjadi pada sore hari di puncak Kilauea mengeluarkan gas yang akan menyebabkan kabut vulkanik.

Masyarakat yang tinggal di dekat taman nasional Big Island, Hawaii pun dihimbau untuk menghindari partikel vulkanik yang dimuntahkan ke udara akibat dari letusan gunung tersebut.

“Saat ini, lahar di Kilauea hanya terbatas di puncak dan tidak menimbulkan ancaman lahar bagi masyarakat,” tulis Badan Manajemen Darurat (EMA) Hawaii di media sosial X nya @Hawaii_EMA, seperti dikutip Holopis.com, Senin (11/9).

“Namun, letusannya mengeluarkan partikel dan gas vulkanik yang dapat menimbulkan masalah pernapasan bagi orang yang terpapar,” tambah EMA Hawaii.

Tingkat kewaspadaan gunung berapi pun dinaikkan menjadi status peringatan dan kode warna penerbangan berubah menjadi warna merah seiring para ilmuwan mengevaluasi dampak dari letusan serta bahaya lainnya.

Kilauea yang merupakan gunung berapi terbesar kedua di Hawaii, kerap meletus sejak September 2021 hingga Desember lalu. Letusan gunung berapi Kilauea pada tahun 2018 pun menghancurkan lebih dari 700 rumah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru