HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan bahwa selama pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, kondisi udara di Jakarta terbilang membaik dari polusi.

Hal itu dikarenakan Panglima TNI berkoordinasi dengan BMKG untuk melakukan rekayasa cuaca untuk membuat kondisi polusi yang tidak terlalu pekat.

“Memang saat awal akan diadakan TMC ternyata nggak ada awan, sehingga dilaksanakan penyiraman di ketinggian 2.000 sampai 5.000 termasuk di area VIP,” kata Yudo Margono dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (8/9).

Meskipun akhirnya tidak turun hujan di Jakarta, namun Yudo sesumbar bahwa itu berpengaruh terhadap polusi udara yang kian membaik.

“Memang tidak terasa karena tidak hujan tapi sebenarnya sudah dilaksanakan penyiraman oleh BMKG. Kemarin sudah saya izinkan sehingga telah dilaksanakan sehingga cuacanya mungkin lebih baik dari yang kemarin-kemarin,” jelasnya.

Secara keamanan, Yudo pun mengklaim bahwa pelaksanaan KTT ASEAN telah berlangsung dengan baik dan aman.

“Jadi Alhamdulillah kita dapat mengendalikan semua kegiatan pengamanan, untuk hal PAM di KTT ke-43 ASEAN ini dengan lancar,” ujarnya.

Yudo mengatakan pengamanan udara, laut, dan darat dikendalikan dengan baik termasuk mulai dari rangkaian kegiatan awal hingga delegasi kembali ke negara masing-masing.

“Dan tentunya kita bersama-sama dengan Polri, dengan BSSN dengan BIN dan juga stakeholder yang lain, termasuk PMK, kemudian juga dari Jasa Marga semuanya bersama-sama untuk mengamankan kegiatan ini,” pungkasnya.