Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kasih Dia Tahu : Kenali Apa Itu ASMR yang Dipercaya Bisa Bikin Rileks Pikiran?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sobat Holopis pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata ASMR. Apa hal pertama yang terbenak di pikiran kalian semua ketika mendengar kata ASMR?

Kebanyakan orang berpikir bahwa ASMR hanya sekadar aksi berbisik di depan mic. Padahal, bukan seperti itu lho!

Perlu sobat Holopis ketahui, ASMR merupakan singkatan dari ‘autonomous sensory meridian response’. Pada dasarnya, ASMR menggambarkan sensasi yang bisa dirasakan seseorang melalui rangsangan tertentu, termasuk suara, visual, atau bahkan interaksi dekat dengan orang lain.

Beberapa orang mengartikan sensasi ini sebagai perasaan ketenangan yang meluas dari kulit kepala dan merambat secara perlahan ke seluruh tubuh.

Nah, sensasi itulah yang mampu memicu perasaan “tingly” dan menciptakan perasaan rileks. Maka dari itu, secara tidak disadari biasanya kita merasa ngantuk saat menyaksikan atau mendengarkan ASMR baik itu video maupun audio.

Dikutip Holopis.com dari Healthline, Rabu (30/8), konsep ASMR adalah dengan melakukan serangkaian aktivitas di depan mic dengan sensitivitas tinggi.

Beberapa aktivitas tersebut yakni seperti berbisik atau berbicara lembut, melakukan ketukan atau garukan, menggerakan tangan mendekati kamera, melakukan roleplay makeup, salon, dan lainnya.

Sebuah studi menyatakan, ASMR dapat memicu pelepasan hormon saraf tertentu dalam otak. Hormon saraf seperti dopamin, oksitosin, dan endorfin diyakini memiliki hubungan erat dengan sensasi ini.

Dalam hal itu, tidak hanya bikin rileks saja, ASMR dipercaya mampu membuat seseorang tidur lebih nyaman, menciptakan konsentrasi dan menaikkan mood.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru