Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sejarah Hari Hiu Paus Internasional, Lindungi Mereka dari Penangkapan Ilegal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 30 Agustus merupakan Hari Hiu Paus Internasional, sebuah hari yang diingatkan untuk kepedulian Masyarakat tentang kehidupan atau populasi ikan paus. Ini juga diharapkan menjadi momen meningkatkan konservasi menjaga keseimbangan ekosistem lautan, terutama kehidupan paus.

Ikan Hiu, ada ikan yang hidup di perairan dangkal, namun ada juga di antara mereka yang hidup di perairan laur dalam. Hiu paus bergerak dengan lambat, sehingga mudah ditangkap oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab.

Populasi ikan hiu paus pun menjadi sangat sedikit dan menurun drastis. Hiu paus biasanya ditangkap agar manusia bisa mengonsumsi dagingya, atau memanfaatkan siripnya.

Sejarah Hari Hiu Paus Internasional

Hari ini dimulai di Isla Holbox Meksiko pada tahun 2008. Saat itu ada Konferensi Hiu Paus Internasional yang menghadirkan 40 pakar, aktivis, dan ilmuwan. Mereka sangat peduli dengan menurunnya populasi hiu paus yang sangat drastis.

Hari ini pun diharapkan bisa meningkatkan konservasi untuk menjaga keseimbangan ekosistem lautan, terutama kehidupan hiu paus.

Bagaimana Kehidupan Hiu Paus di Indonesia?

Di Indonesia, keberadaan hiu paus ada dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 18/Kepmen-KP/2013 menurut laman BPK.

Ini pun menunjukkan bahwa negara sangat memperhatikan kehidupan dan kesejahteraan ikan hiu paus yang merupakan hewan yang dilindungi negara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru