Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizMenaker Sebut Penguatan Literasi Digital Jadi Kunci UMKM Naik Kelas

Menaker Sebut Penguatan Literasi Digital Jadi Kunci UMKM Naik Kelas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan, bahwa penguatan literasi digital merupakan kunci bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk naik kelas atau memperbesar skala usahanya.

Menurutnya, perkembangan teknologi yang ada sejauh ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku UMKM untuk mendongkrak usaha yang mereka jalankan.

“Penggunaan teknologi seperti handphone, kebanyakan masih dipergunakan untuk media sosial, sedikit sekali angkanya yang dipergunakan untuk pengembangan UMKM,” kata Ida dalam keterangannya, Selasa (29/8) yang dikutip Holopis.com.

Ida menjelaskan, sektor UMKM memiliki kontribusi luar biasa terhadap perekonomian Indonesia. Bahkan pada tahun 2021, kontribusi sektor UMKM mencapai Rp8.573 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Pun dari data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), lanjutnya, dengan jumlah UMKM di Indonesia pada 2021 yang mencapai 64,2 juta memberikan kontribusi sangat besar terhadap penyerapan tenaga kerja.

“Kontribusi UMKM di Indonesia mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi,” tutur Ida

Namun, Ida masih melihat sejumlah catatan yang perlu diupayakan oleh pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan, termasuk sektor swasta untuk menumbuhkan UMKM dengan baik.

Dia menambahkan, salah satu tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha skala mikro tersebut, yakni akses terhadap keuangan masih rendah, kemampuan untuk melakukan promosi, serta pemanfaatan teknologi juga masih belum optimal.

“Karena tantangan yang kita hadapi adalah, akses mereka terhadap keuangan masih rendah, kemampuan promosi, infrastruktur dan teknologi, ini yang menjadi kendala,” ujarnya.

Dengan sejumlah tantangan tersebut, lanjutnya, dibutuhkan adanya peningkatan kemampuan UMKM melalui literasi keuangan, perbankan, sektor digital dan lainnya.

“Kalau semua perusahaan memiliki komitmen seperti ini (membantu UMKM), saya kira, kita bisa mengangkat mereka dari kondisi ultra mikro, naik ke mikro, naik ke kecil, dan akan semakin besar,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.