HOLOPIS.COM, MANADO – Cuaca di beberapa kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) diprakirakan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), berpotensi diterjang angin kencang.

BMKG keluarkan peringatan dini cuaca, hingga tanggal 24 Agustus 2023. Menurut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle mengatakan sejumlah wilayah kabupaten dan kota berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Masyarakat diimbau, agar tetap berhati- hati saat beraktivitas saat cuaca ekstrem. Selain itu, perlu diwaspadai juga potensi dampak cuaca ekstrem seperti tanah longsor, banjir ataupun pohon tumbang.

“Tetaplah berhati-hati, BMKG akan terus memutakhirkan data potensi cuaca ekstrem yang yang melanda kabupaten dan kota,” katanya dalam keterangan, Senin (21/8) seperti dikutip Holopis.com.

Ben menambahkan, pada tanggal 22-23 Agustus 2023 cuaca ekstrem diperkirakan melanda wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara pada tanggal 24 Agustus 2023, potensi hujan dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kanal-kanal informasi yang dimiliki BMKG untuk mendapatkan informasi terkini terkait dengan kondisi cuaca di wilayah Sulut.