Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Partai Buruh Tak Gegabah Polisikan Hoaks Said Iqbal Makan-makan Enak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Badan Pemenangan Pemilu Exco Partai Buruh, Ilhamsyah alias Boing menyampaikan bahwa memang ada desakan dari para kader dan pengurus Partai Buruh di daerah untuk melaporkan hoaks Presiden Partai Buruh, Said Iqbal ke Bareskrim Polri.

Hoaks tersebut terkait adanya video, Presiden Partai Buruh Said Iqbal yang tengah makan-makan enak di restoran, di tengah aksi unjuk rasa buruh di Jakarta tanggal 10 Agustus 2023 kemarin.

“Memang ada dorongan dari teman-teman di daerah untuk melaporkan ke Bareskrim. Tapi kita akan mendiskusikan,” kata Boing dalam konferensi pers virtual yang dikutip Holopis.com, Sabtu (12/8).

Namun berdasarkan perspektifnya, Partai Buruh tidak akan buru-buru mengambil langkah hukum untuk melaporkan hoaks-hoaks tersebut, terlebih dengan menggunakan UU ITE dengan tudingan pencemaran nama baik.

“Kita tidak boleh sedikit-sedikit melaporkan ke Bareskrim, apalagi menggunakan UU ITE. Kita punya hak jawab terkait sesuatu yang tidak benar,” ujarnya.

Alasan mengapa opsi sementara ini tidak dilakukan, karena dirinya ingin masyarakat bisa diedukasi agar tidak gampang menggunakan langkah lapor-melapor dengan UU ITE yang dinilai banyak publik sebagai pasal karet itu.

“Tapi kita perlu memberikan edukasi, hak jawabnya itu bisa melakukan konferensi pers, membuat rilis. Artinya kita mendidik masyarakat agar tidak mudah terpancing karena adanya hoaks di media sosial,” tuturnya.

Pun demikian, tokoh buruh yang juga Ketua Umum Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) tersebut meminta agar siapapun yang menggarap video hoaks itu agar berhenti melakukan propaganda kotor dan merugikan kaum buruh Indonesia.

“Kami meminta siapapun yang menyebarkan hoaks baik perorangan maupun yang terorganisir agar menghentikan upaya-upaya untuk menyebarkan hoaks itu, karena akan merugikan kepentingan kita semua rakyat Indonesia,” tegasnya.

Sejauh ini, dirinya ingin agar Partai Buruh menggunakan instrumen yang dimiliki untuk melakukan kontra narasi dan menglarifikasi terhadap tersebarnya video hoaks tersebut. Sembari ia memilih untuk menunggu keputusan partai yang didiskusikan segera.

“Yang penting kita siapkan tim media kita dan juru bicara untuk menjawab klarifikasi,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.

DJP Bantah 6 Juta Data NPWP Bocor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru