Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Buruh Ancam Masuk Tol Jika MK Tidak Batalkan UU Cipta Kerja

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Partai Buruh bersama elemen lainnya melakukan aksi demo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu 9 Agustus 2023. Aksi tersebut, dalam rangka mengawal gugatan Judicial Review (JR) terkait dengan UU Cipta Kerja.

Menurut Presiden FSPMI, Riden Hatam Aziz mengatakan UU Cipta Kerja ini ditolak oleh seluruh buruh di Indonesia. Namun, mereka akan melawannya dengan cara yang konstitusional.

“Kita yakin seluruh buruh Indonesia menolak UU Cipta kerja, tapi kita tunjukkan cara yang kita lakukan secara konstitusional,” kata Riden dari atas mobil komando yang dikutip Holopis.com, Rabu (9/8).

Selain itu, Riden menegaskan kepada hakim MK (Mahkamah Konstitusi) yang sedang menyidangkan gugatan para buruh. Untuk mengabulkan, agar UU Cipta Kerja dibatalkan dan di cabut.

“Kita menyatakan sikap kepada MK yang sedang sidang gugatan buruh, pastikan UU Cipta kerja dibatalkan dan di cabut,” tegasnya.

Terakhir Riden mengatakan, jika gugatan para buruh tidak dikabulkan oleh MK maka akan dipastikan akan ada pergerakan dengan mengosongkan pabrik – pabrik dan masuk ke jalan tol.

“Kalau tidak membatalkan, maka kita siap untuk kosongkan pabrik dan masuk jalan tol,” pungkas Riden.

Sebelumnya diberitakan, Partai Buruh yang melakukan aksinya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat pada hari Rabu 9 Agustus 2023 membawa beberapa tuntutan.

Ada enam tuntutan yang dibawa oleh Partai Buruh, salah satunya yakni meminta agar Omnibuslaw UU Cipta Kerja dicabut  dan kenaikan upah 15 persen.

“Partai Buruh bersama elemen gerakan buruh pada tanggal 9 Agustus, serempak di seluruh Indonesia di 38 Provinsi melakukan aksi,” ujar Presiden Partai Buruh kepada Holopis.com, Rabu (9/8).

“Tuntutan pertama cabut Omnibuslaw Undang-Undang Cipta Kerja, kedua naikan upah minimum 2024 sebesar 15 persen, ketiga cabut presidential threshold 20 persen menjadi 0 persen,” ujarnya.

Selanjutnya tuntutan keempat revisi parlimanentary threshold 4 persen, kelima Cabut UU Kesehatan dan keenam wujudkan Jaminan sosial. JS3H, reforma agraria, dan kedaulatan pangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru