HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketika individu aktif berhubungan badan, mereka tentu saja harus memperhatikan tahap apa yang harus dilakukan setelahnya. Sebagian orang hanya memperdulikan esensi dari kenikmatan seks itu sendiri tanpa memperhatikan kebersihan setelah berhubungan intim.

Padahal, dengan memperhatikan kebersihan alat vital setelah melakukan seks adalah hal yang penting, karena upaya tersebut berpengaruh untuk mampu menghindari timbulnya rasa tidak nyaman dan sakit ketika melakukan seks selanjutnya.

Namun, dikutip Holopis.com dari healthshots, Minggu (6/8), terdapat beberapa kesalahan umum yang dilakukan kebanyakan orang setelah berhubungan seks yang dapat meningkatkan risiko infeksi. Berikut adalah 3 hal yang tidak boleh kamu lakukan setelah berhubungan badan :

Memakai Pakaian yang Ketat

Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat untuk tidur setelah melakukan seks, terutama yang berbahan nilon atau sintesis. Bahan itu mampu menimbulkan lecet dan gatal ketika bersentuhan dengan cairan vagina. Pakailah pakaian yang berbahan katun untuk menjaganya tetap bersih dan sehat.

Membasuh Vagina dengan Sabun Kewanitaan

Hindari penggunaan sabun kewanitaan karena kulit menjadi sangat sensitif setelah berhubungan seks. Sebaiknya, bersihkanlah vagina dengan air hangat setelah berhubungan seks.

Menggunakan Tisu Basah

Sebagian besar tisu basah mengandung parfum dan pengawet buatan. Menggunakannya untuk mengusap vagina dapat meningkatkan risiko infeksi dan ruam.