Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Google Punya Fitur Baru untuk Keamanan Data Pribadi di Dunia Maya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Fitur baru Google terkait keamanan data pengguna dihadirkan, guna mempermudah pengguna yang mau mengetahui apakah data pribadinya tersebar di dunia maya.

Saat Google menemukan alamat rumah, nomor telepon, ataupun alamat email di sebuah situs, maka pengguna akan diberikan notifikasi atau peringatan.

Sehingga, bisa memberikan kesempatan kepada pengguna untuk meninjau dan kemudian bisa meminta informasi tersebut dihilangkan dari Search.

Fitur yang sudah ada sejak September 2022 ini, tersimpan dari bagian ‘results about you’ yang ada di dashboard Google, baik itu di mobile ataupun web.

Jadi, pengguna tidak perlu lagi melakukan pencarian secara manual, misalnya googling alamat pribadi, nomor telepon, ataupun alamat email.

Dikutip Holopis.com dari The Verge, Minggu (6/8) cara menggunakan fitur tersebut, pengguna hanya masukan data pribadi ke menu yang tersedia, lalu dashboard akan otomatis menampilkan semua situs yang berisikan informasi pribadi tersebut.

Dari situ pengguna tinggal menilai apakah laman berisi data pribadi di situs tersebut perlu dihilangkan dari hasil pencarian.

Namun perlu diingat ya Sobat Holopis, walaupun pengguna meminta data pribadinya dihapus dari hasil pencarian, data tersebut akan tetap tersimpan di dalam situs yang mempublikasikannya.

Hanya saja, laman berisi data tersebut tidak akan ditampilkan dalam hasil pencarian di Search.

Ada juga batasan di mana Google tak bisa menghapus laman dari hasil pencarian, misalnya saat data pribadi tersebut ditampilkan di situs pemerintahan ataupun institusi pendidikan.

Sayangnya saat ini fitur tersebut baru tersedia dalam bahasa Inggris dan terbatas untuk pengguna Google di Amerika Serikat.

Namun Google menjanjikan mereka akan segera menghadirkan pilihan bahasa dan dukungan negara yang lebih banyak.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru