Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pentas Tarian Daerah Rote Ndao Meriahkan Penutupan Pameran Museum Keliling

HOLOPIS.COM, ROTE NDAO – Sejumlah pentas seni khas daerah Rote Ndao disuguhkan dalam acara hari penutupan kegiatan Pameran Museum Keliling yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Salah satu pertunjukan seni budaya tersebut adalah tarian Foti.

Dalam kesempatan itu, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Rote Ndao, Nyongki Ndoloe menyampaikan, bahwa pihaknya sangat bersyukur kegiatan yang berlangsung selama 4 (empat) hari tersebut berjalan sesuai dengan harapan.

“Sesuai dengan arahan Ibu Bupati Rote Ndao, maka Disbudpar Rote Ndao berkolaborasi dengan jajaran UPTD Museum Daerah Provinsi NTT untuk menyukseskan kegiatan Pameran Museum Keliling sejak Selasa 1 Agustus 2023 sampai dengan Jumat 4 Agustus 2023,” kata Nyongki dalam keterangannya di di Auditorium Kantor Bupati Rote Ndao, Jumat (4/8) yang dikutip Holopis.com.

Dalam pantauan jurnalis Holopis.com di Rote Ndao, pertunjukan seni budaya yang selalu disuguhkan selama 4 (empat) hari tersebut adalah tarian Taebenu, Foti, dan Kebalai. Semua diisi oleh sanggar-sanggar kesenian binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan sekolah-sekolah binaan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Rote Ndao.

“Setiap malam diisi acara panggung dan di siang hari ada kegiatan pertunjukan seni budaya yang diisi oleh sekolah-sekolah dan sanggar seni budaya dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Rote Ndao, sehingga acara Pameran Museum Keliling menjadi semarak,” ujarnya.

Lanjut Nyongki, untuk lomba tarian Taebenu, Foti dan Kebalai antar kecamatan itu didukung penuh oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu. Bahkan semua hadiah kegiatan tersebut disediakan oleh Bupati untuk setiap pemenang lomba sebagai bantuan pribadi untuk pembinaan sanggar.

“Dukungan dari Mama Bupati untuk pembinaan sanggar dan kelompok pencinta seni budaya yang ada di Kabupaten Rote Ndao ini,” jelasnya.

Kemudian, masih di dalam kesempatan yang sama, Kepala UPTD Museum Daerah Provinsi NTT, Aplinuksi Meximus A. Asamani yang ditemui Holopis.com di sela-sela Pameran Museum Keliling mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi dukungan dari Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek, serta seluruh jajarannya terhadap pelaksanaan Pameran Musem Keliling yang diadakan saat ini di Kabupaten Rote Ndao.

Menurut Meximus Asamani, kegiatan Pameran Museum Keliling yang dilakukan di Kabupaten Rote Ndao ini dinilai telah berjalan dengan sangat baik dan sukses meriah.

“Kami sangat-sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu Bupati Rote Ndao bersama Bapak Wakil Bupati beserta seluruh jajaran yang ada di Kabupaten Rote Ndao yang sangat mendukung UPTD Museum NTT dalam pelaksanaan Pameran Keliling di Kabupaten Rote Ndao, sehingga sukses dilaksanakan,” kata Meximus Asamani.

Acara Pameran Museum Keliling ini juga menjadi ajang pameran 236 koleksi budaya yang dimiliki oleh museum sebagai upaya untuk memperkenalkan kekayaan pengetahuan dan literasi masyarakat tentang seni dan budaya serta sejarah Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Tinur.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru