Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kemenhan Beli 12 Pesawat Nirawak Buatan Turkish Aerospace

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kemenhan (Kementerian Pertahanan) membeli 12 unit pesawat nirawak (Unmanned Aerial Vehicle/UAV) ANKA. Pesawat tersebut merupakan produksi Turkish Aerospace.

Karo Humas Setjen Kemhan, Brigjen TNI Edwin Adrian mengatakan, bahwa nilai kontrak pembelian 12 pesawat nirawak itu senilai USD 300 juta.

Pembelian ditandai dengan adanya penandatanganan kontrak dengan Turkish Aerospace, pada tanggal 3 Februari 2023. Pengiriman akan dilakukan 32 bulan setelah kontrak berlaku.

“Kontrak senilai USD 300 juta ini sekarang masih dalam proses aktivasi di Kementerian Keuangan dan pengiriman 12 unit UAV ANKA tersebut akan dilaksanakan 32 bulan setelah kontrak berlaku efektif,” jelasnya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (2/8).

Selain itu, ada juga materiil kontrak tambahan berupa Integrated Logistic Support (ILS), Ground Support and Test Equipment (GS&TE), Flight Simulator.

Kemudian, Infrastruktur Hanggar dan pelatihan serta masa warranty selama 24 bulan/600 jam terbang.

Pengadaan 12 pesawat nirawak ini, menurut Edwin merupakan upaya nyata Menhan Prabowo Subianto menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi.

Di mana arahan tersebut untuk memperkuat sistem pertahanan Indonesia. “Terutama dengan meningkatkan ragam, kuantitas, dan kualitas alutsista TNI,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru