Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sambut IMSS 2021, TNI AL Gelar Vaksinasi Massal

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pelaksanaan International Maritime Security Symposium (IMSS) 2021 akan digelar pada hari Senin 23 Agustus 2021 pekan depan. Acara akan dibuka di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Dalam rangka menyambut pelaksanaan simposium keamanan maritim internasional tersebut, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar bakti sosial berupa vaksinasi massal kepada masyarakat maritim di Wilayah Kalibaru. Pusat serbuan vaksinasi ini dilakukan tepat di SMP Negeri 53 Cilincing, Jakarta Utara.

Program vaksinasi massal TNI AL ini dilakukan berkat kerjasama Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) dengan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal). Bahkan dalam pelaksanannya, Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono ikut meninjau langsung.

Selain orang nomor satu di Matra TNI AL tersebut, ada beberapa pejabat TI AL lainnya yang ikut hadir melakukan peninjauan langsung program serbuan vaksinasi tersebut. Antara lain ; Kapushidrosal Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan, Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL wilayah Jakarta dan para Atase Pertahanan (Athan) dari 20 negara sahabat yang akan turut serta menghadiri kegiatan IMSS.

“TNI AL mengajak perwakilan 20 negara untuk mengikuti kegiatan TNI AL dalam melaksanakan percepatan penanganan Covid-19 melalui kegiatan vaksinasi dan juga pemberian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Laksamana TNI Yudo, Rabu (18/8).

Kemudian, tentang bagaimana cara agar pandemi Covid-19 bisa diatasi di seluruh dunia, perwira tinggi TNI AL berpangkat bintang empat itu menyebut, bahwa kerjasama antar semua negara penting dilakukan.

“Sedangkan untuk menyelesaikan atau menuntaskan pandemi Covid-19 maka solusi terbaiknya adalah kerja sama negara kawasan,” ujarnya.

Serbuan Vaksinasi di kawasan berpenduduk 83.000 jiwa yang tergabung dalam 14 RW ini menargetkan 500 orang dan melibatkan Tim Vaksinator dari Dinas Kesehatan Pushidrosal serta Satuan Kesehatan Seskoal, dan dibantu warga setempat dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac dan AstraZaneca.

Usai peninjauan, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono juga menyerahkan sebanyak 300 bingkisan bantuan sosial secara simbolis terhadap perwakilan masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan sosial ini juga dilakukan Danpushidrosal, Danseskoal dan para Athan Negara Sahabat kepada perwakilan warga.

IMSS 2021 digelar virtual

Menurut Laksamana TNI Yudo, sebenarnya ditargetkan ada 37 negara yang mengikuti acara IMSS tersebut. Hanya saja, sejauh ini yang telah melakukan konfirmasi bisa mengikuti acara hanya 20 negara saja. Hal ini karena adanya upaya bersama melakukan pembatasan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Seharusnya 37 negara, namun yang bisa hadir baru 20 negara,” terang Laksamana TNI Yudo.

Disampaikan pula oleh Kasal, bahwa TNI Angkatan Laut dalam hal ini Seskoal akan menyelenggarakan IMSS pada 23-24 Agustus 2021 mendatang yang akan dihadiri para Kepala Staf Angkatan dari berbagai negara. Sebelumnya, TNI AL telah merencanakan untuk melaksanakan IMSS di tahun 2019 lalu namun tertunda karena pandemi Covid-19.

“Di tengah kondisi Covid-19, kegiatan IMSS akan kita laksanakan secara virtual namun tidak mengurangi esensi dari IMSS yang sudah menjadi program setiap dua tahun sekali oleh TNI Angkatan Laut bersama-sama dengan Angkatan Laut seluruh dunia,” paparnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru