Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPemerintah Serahkan Urusan Perencanaan Tata Kota IKN ke China

Pemerintah Serahkan Urusan Perencanaan Tata Kota IKN ke China

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan hasil pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden China, Xi Jinping pada Kamis (27/7) kemarin.

Dalam pertemuan itu, Luhut mengatakan bahwa kedua negara sepakat menjalin kerjasama dalam beberapa sektor, salah satunya di sektor pembagunan Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni dalam konteks perencanaan tata kota.

Adapun yang menjadi dasar pertimbangan kerjasama itu selain China yang dinilai berpengalaman dalam merancang tata kota, juga karena saran dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA).

“Kerjasama dalam konteks perencanaan karena apa tata kota yang mereka Shenzhen (Kota di China) sangat pengalaman, dimana itu juga UEA abu Dhabi juga menyarankan untuk kita kerjasama dengan mereka,” kata Luhut dalam unggahan di akun Instagram pribadinya yang dikutip Holopis.com, Jumat (28/7).

Nantinya, Luhut akan mengutus jajarannya di Kemenko Marves ke China untuk mematangkan kerjasama tersebut bersama Otorita IKN (OIKN).

Dia berharap, proses kerjasama perencanaan tata kota IKN tersebut akan rampung dalam kurun waktu 6 (enam) bulan ke depan. Dengan begitu, pembangunan IKN ke depan tidak hanya sekadar meraba-raba saja.

“Saya pikir dalam 6 bulan prosesnya selesai, jadi nanti desain daripada kota ini semua akan detail, yang selama ini kita baru dapat pada tataran dan garis besar saja,” tukas Luhut.

Selain IKN, kedua negara tersebut juga sepakat untuk menjalin kerja sama di sektor lain seperti pendidikan dan research atau penelitian, hingga sektor kesehatan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).