Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Beri Diskon Pajak ke eksportir yang Mau Simpan Dolar di...

Sri Mulyani Beri Diskon Pajak ke eksportir yang Mau Simpan Dolar di RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana memberikan insentif atau diskon pajak kepada perusahaan eksportir yang bersedia menyimpan dolar atau devisa hasil ekspor (DHE) di dalam negeri.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, besaran diskon pajak yang akan diberikan nantinya akan bervariatif, tergantung dari tenor yang dipilih oleh para eksportir.

“Ada fasilitas tambahan yaitu insentif perpajakan, pemberian status eksportir sebagai eksportir bereputasi baik dan insentif lain yang dapat dikeluarkan oleh K/L lain,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Jumat (28/7).

Sri Mulyani menjelaskan, tenor yang tersedia dalam penempatan DHE adalah 1, 3, dan 6 bulan atau lebih. Apabila masuk dalam tenor 1 bulan, maka pajak penghasilan (PPh) atas bunga depositonya hanya 10%, bahkan bisa turun lagi menjadi hanya 7,5% jika DHE dikonversi ke rupiah.

“Kalau dia bukan DHE atau deposito biasa, mereka membayar PPh bunga deposito 20%. Jadi turun setengahnya,” ucapnya

Kemudian untuk tenor tiga bulan, diskon PPh atas bunga deposito 7,5% dan 5%, jika DHE dikonversi ke rupiah. Lalu jika masuk di tenor 6 bulan, PPh atas bunga deposito 2,5% dan 0% jika DHE dikonversi ke rupiah.

“Kalau di atas enam bulan bahkan dia tidak dikenakan PPh bunga deposito,” ucapnya.

Sri Mulyani menegaskan, aturan insentif perpajakan di atas sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 123 Tahun 2015, di mana fasilitas tarif PPh atas bunga deposito akan lebih rendah jika dananya bersumber dari DHE.

Ia mengklaim, pemberian insentif pajak tersebut merupakan langkah pemerintah untuk memberikan keadilan bagi para pelaku eksportir.

“Jadi dalam hal ini kita juga memberikan insentif fiskal sehingga dia bisa semakin memperkuat stabilitas dari sistem keuangan di Indonesia,” tukas Sri Mulyani.

“Dengan adanya penempatan DHE, dia sudah mendapatkan berbagai insentif dari BI supaya kebutuhan bisnisnya tidak terdisrupsi, dan dari sisi kewajiban perpajakan terhadap DHE juga mendapatkan fasilitas yang sangat baik,” tambahnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).