HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi mencopot Zainut Tauhid dari posisinya sebagai Wakil Menteri Agam dan digantikan oleh Saiful Rahmat Dasuki.

Presiden Jokowi pun menyatakan, pergantian tersebut ternyata adalah permintaan langsung dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tempat Zainut menjadi kader.

“Oh itu ada permintaan dari partai,” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (17/7).

Jokowi kemudian tidak menjelaskan lebih detail alasan partai harus mencopot Zainut dari posisi yang tinggal berumur kurang dari setahun tersebut.

Zainut Tauhid sendiri diketahui merupakan Anggota Majelis Kehormatan DPP PPP, yang saat ini rencananya akan maju sebagai bakal caleg PPP di Pemilu 2024.

Pengganti Zainut sebagai Wamenag adalah kolega separtainya, yakni Ketua DPW PPP DKI Jakarta, Saiful Rahmat Dasuki.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi melantik sejumlah jabatan strategis pada hari ini, Senin (17/7) di Istana Negara, Jakarta.

Selain pelantikan Budi Arie Setiadi menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Presiden Jokowi juga melantik Djan Faridz dan Gandi Sulistiyanto Soeherman sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Pelantikan dilandaskan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 63/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Gandi Sulistiyanto diketahui sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Republik Korea, sementara Djan Faridz tercatat pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014

Selain itu, Jokowi juga melantik lima orang wakil menteri (Wamen). Mereka adalah Nezar Patria menjadi Wamenkominfo, Paiman Raharjo menjadi Wamendes, Wamen BUMN Rosan Roeslani, Wamenlu Pahala Mansury. Posisi Wamenag juga bakal berganti dari Zainut Tauhid Sa’adi ke Saiful Rahmat Dasuki.