HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade menegaskan bahwa sampai dengan saat ini, nama tokoh nasional yang sangat berpeluang besar menjadi Cawapres Prabowo Subianto adalah Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Sampai saat ini saya bisa pastikan, bahwa kandidat cawapres terkuat pak Prabowo ya Gus Muhaimin, Ketum PKB yang juga Panglima Santri yang merupakan anak kandung Nahdlatul Ulama, kalau kita bicara ke konteks NU saat ini,” kata Andre dalam keterangannya pada hari Jumat (14/7) yang dikutip Holopis.com.

Hanya saja terkait dengan nama pastinya, ia tak bisa memberikan penjelasan lebih lanjut. Sebab, keputusan nanti tetap ada di tangan kedua Ketua Umum dari partai Gerindra dan PKB, sebagai pengusung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Ini disampaikan Andre berdasarkan poin kesepakatan antara Partai Gerindra dan PKB di dalam piagam kerja sama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Di mana penentu dari pasangan Capres dan Cawapres adalah Prabowo dan Cak Imin.

“Karena di dalam piagam kerja sama kesepakatan Gerindra dan PKB, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, presiden dan cawapres diputuskan bersama-sama oleh Pak Prabowo dan Gus Muhaimin,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa di momentum yang tepat nanti, nama pasangan Capres-Cawapres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya pasti akan diumumkan oleh Prabowo dan Cak Imin.

“Tapi tentu nanti pas momen yang pas dan waktu yang tepat, Pak Prabowo dan Gus Muhaimin yang akan bersama-sama memutuskan,” ujarnya.

Terkait dengan apakah ada nama-nama opsional lain yang bisa menjadi cawapres Prabowo Subianto, Andre hanya menyatakan bahwa pihaknya khususnya Prabowo Subianto sangat terbuka untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan semua pihak. Termasuk apakah nantinya nama Cawapres itu adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Putri Gus Dur yakni Yenny Wahid ataupun Menko Polhukam Mahfud MD. Yang mana ketiganya merupakan representatif dari kalangan Nahdliyyin.

“Yang disampaikan Pak Prabowo, bahwa beliau bisa bekerja sama dengan siapa pun. Tapi sekali lagi, pemegang kunci inggris cawapres pak Prabowo namanya Gus Muhaimin,” pungkasnya.