Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Tim Mager Harus Baca, 4 Kiat Sehat Naik Transportasi Umum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jadwal padat dan ketat kantor tentu saja mewajibkan anda harus sampai di kantor secepatnya. Beruntung, sekarang ini tersedia banyak transportasi umum yang selalu sedia membantu anda setiap saat.

Meski begitu pastikan anda selalu hati-hati pasalnya beberapa penelitian telah membuktikan bahwa transportasi umum terdapat banyak jenis kuman, jenis-jenis kuman tersebut dapat memberikan gangguan kesehatan berat pada tubuh.

Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui apa saja jenis kuman yang sering terdapat dalam transportasi umum serta kiat-kiat agar kesehatan tetap terjaga dan sehat selama menggunakan transportasi umum, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Klikdokter, Rabu (12/7).

Jenis Kuman yang Dapat Ditemui dalam Transportasi Umum

Penelitian terhadap permukaan dalam bus umum di Bangladesh pada 2016 silam, terhadap 45 sampel yang dikumpulkan dari 15 bus. Hasilnya menunjukkan bahwa, pegangan bus, lengan kursi, dan tempat duduk telah terkontaminasi oleh kuman berbahaya. Adapun jenis kuman yang paling dominan ditemukan adalah bakteri seperti:

1. E. Coli
2. Salmonella typhi
3. Shigella
4. Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA).

Kiat Tetap Sehat saat Naik Transportasi Umum

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, transportasi umum memang dapat menjadi sarang kuman penyebab penyakit. Namun bukan berarti anda dilarang untuk menggunakannya, penting untuk melindungi diri dari kuman-kuman tersebut dengan melakukan beberapa upaya berikut:

1. Rajin Mencuci Tangan

Pastikan anda selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir segera setelah turun dari transportasi umum, namun bila tidak ada sabun dan air anda dapat menggunakan hand sanitizer.

2. Memotong Pendek Kuku Tangan

Perlu diketahui, kuku panjang mempermudah masuknya partikel kotoran yang mengandung kuman ke tangan anda. Adapun kuman ini dapat masuk ke dalam tubuh anda setelah anda menyentuh mulut, hidung, atau mata. Kemudian setelah berhasil masuk, bukan tak mungkin kesehatan saluran cerna anda akan mengalami gangguan dan memberikan gejala berupa diare, konstipasi, dan gangguan kesehatan lainnya.

3. Membersihkan Tubuh secara Menyeluruh

Ketika tubuh anda berkeringat, hal ini akan membuat kuman akan lebih mudah berkembang biak. Itu sebabnya, agar terhindar dari penyakit sebaiknya segera bersihkan tubuh setelah menggunakan transportasi umum. Selain itu, pastikan juga saat anda membersihkan tubuh menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun anti-kuman, agar tubuh mendapat perlindungan ekstra dari kuman berbahaya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru