HOLOPIS.COM, JAKARTA – Operasi Patuh 2023 akan digelar Korlantas Polri mulai 10 – 23 Juli 2023, yang akan dilakukan secara nasional pada tanggal yang sama.

Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan giat tersebut dilakukan untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Golnya menciptakan Kamseltibcarlantas lebih patuh dan tertib. Sebelum operasi Mantap Brata, terlebih dahulu kita melaksanakan Operasi Patuh. Petugas penegakan hukum tidak ada yang melakukan penindakan sendiri,” jelasnya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (9/7).

Dalam pelaksanaannya, para petugas yang ditugaskan tidak hanya menegakkan hukum bagi pengguna jalan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Tapi juga memberikan, edukasi, teguran, dan imbauan.

“Saya percaya dengan operasi yang sudah ada seluruhnya berjalan dengan optimal, harapannya mendapat apresiasi dan pengungkit indeks kepercayaan masyarakat,” ucap Eddy.

Selain itu, Eddy mengatakan pola pikir petugas diharapkan bisa berubah dan meninggalkan perbuatan yang tidak baik.

Para personil di lapangan juga dihimbau, tetap humanis dan berintegritas tanpa ada pungutan liar.

“Pimpinan tidak menghendaki pungli. Aturan yang sudah dibuat oleh Ditgakkum patuhi dan pedomani, jangan jadi korban operasi. Tunjukkan Korlantas menjadi ikon Polisi di jajaran,” pungkas Eddy.