Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Setelah Penemu Nikuba Diundang ke Italia, BRIN Janji Sediakan Fasilitas Riset

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pembuat alat inovasi Niku Banyu atau Nikuba, Aryanto Misel diundang ke Italia, untuk melakukan presentasi dari hasil penemuannya yang bisa mengubah air menjadi bahan bakar mesin sepeda motor.

Setelah ramai dibicarakan, akhirnya BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) berjanji akan sediakan fasilitas riset untuk pememu Nikuba. Menurut Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko pihaknya sudah mengirimkan tim untuk melihat hal tersebut namun tim masih perlu riset lanjutan.

“Nikuba sudah kita ketahui sejak tahun lalu kami sudah mengirimkan tim ke sana untuk melihat itu dan memang pada saat itu dari asesmen tim masih perlu ada riset lanjutan,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Rabu (5/7).

Menurutnya, pihaknya sedang mengusahakan untuk dapat dibuktikan secara sains sehingga dapat menyempurnakan penemuan Nikuba.

Tri menjelaskan, BRIN yang dulu dan sekarang berbeda. Karena, saat ini BRIN sudah punya semua fasilitas bagi semua periset di Tanah Air, baik kampus, komunitas, maupun personal seperti pengembang Nikuba.

“Secara prinsip setelah adanya BRIN beda dengan dulu, dulu APBN kita mengurus ini kita, BRIN ini kan ada semua fasilitas kita sediakan untuk seluruh periset di Tanah Air, baik itu di kampus dan juga komunitas personal individu seperti yang develop nikuba,” jelasnya.

“Itu ya salah satu yang sedang kita ajak supaya dia bisa dibuktikan secara saintifik, itu dulu nomor satu, sehingga kalau ada perlu penyempurnaan kita sempurnakan bersama-sama,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengusahakan secara bersama mengenai temuan tersebut agar dapat dikembangkan bersama dan dapat diterima komunitas ilmiah.

“Karena nikuba kan basic-nya nitrogen itu jadi bahan bakar berbasis nitrogen banyak bagian temuan dan sebagainha yang kita lakukan bersama-sama. Kalau di sains kita akan berhati-hati kita lihat bersama dikembangkan sampai sama-sama diterima oleh komunitas ilmiahnya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...

Teguh Sebut Data Ditjen Pajak yang Dijual Bjorka ada Nama Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Konsultan keamanan siber sekaligus pendiri Ethical...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru