Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Waduh, Waspada ini Bahaya Polusi pada Kulit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Paparan polusi pada kulit dapat menyebabkan kulit mudah rusak dan terkena berbagai penyakit, apalagi bila terlalu sering terpapar polusi dan berlangsung dalam waktu yang lama. Polusi tersebut bersumber dari berbagai zat pencemar atau polutan, baik diluar maupun didalam rumah.

Itu sebabnya, penting untuk mengetahui bahaya efek polusi pada kulit. Selain dapat terhirup ke dalam tubuh dan merusak paru-paru atau organ lainnya, polusi juga dapat berdampak pada kesehatan kulit. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih banyak mengenai bahaya polusi bagi kulit dan langkah pencegahannya. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (3/7).

Jerawat

Salah satu riset menyebutkan paparan polusi berlebihan dapat menyebabkan kulit terlalu banyak menghasilkan sebum, yaitu minyak alami kulit yang berfungsi sebagai pelembab kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri di kulit. Namun, ketika jumlahnya meningkat hal ini akan membuat kulit menjadi jauh lebih berminyak sehingga mudah muncul komedo dan jerawat.

Iritasi Kulit

Salah satu penyebab iritasi kulit yaitu polusi, hal ini dapat terjadi ketika kulit terpapar berbagai sumber polusi seperti asap kendaraan, debu, dan asap rokok. Tak hanya itu, sumber polusi di dalam rumah seperti produk pembersih rumah tangga, deterjen, pembersih kaca, atau pembersih lantai juga kerap mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit. Alhasil, ketika kulit mengalami iritasi biasanya kulit akan terasa gatal, tampak bersisik, kemerahan, dan bahkan terasa perih ataupun nyeri. Umumnya, iritasi kulit ringan memang tidak berbahaya bagi kulit, tetapi iritasi yang parah dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Hal ini berisiko terjadi kepada orang yang memiliki kulit sensitif atau riwayat alergi pada kulit.

Alergi Kulit

Alergi kulit dapat membuat seseorang mengalami gejala berupa ruam dan bentol di kulit, kulit kering, dan gatal-gatal. Perlu diketahui, paparan polusi pada kulit dapat menimbulkan reaksi alergi ketika seseorang memiliki riwayat alergi atau eksim bersentuhan dengan zat pencetus alerginya, seperti debu, sabun, deterjen, tungau, asap rokok, maupun bulu hewan. Tak hanya itu, sebagian orang yang memiliki alergi kulit juga dapat mengalami kambuhnya gejala ketika terpapar faktor pencetus lain seperti stres berlebihan, berada di tempat dingin atau panas, ataupun udara kering.

Penuaan Dini pada Kulit

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata, sering terpapar polusi dapat menyebabkan penuaan dini dengan cepat. Tidak hanya paparan polusi, perlu diketahui pula paparan sinar ultraviolet (UV) atau sinar matahari berlebih juga dapat menjadi penyebab penuaan dini. Sehingga kulit yang menua akan tampak lebih kering, keriput, bahkan kusam.

Kanker Kulit

Tak hanya berbagai bahaya polusi diatas, siapa sangkah polusi juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Pasalnya, udara yang tercemar mengandung begitu banyak zat berbahaya, termasuk berbagai jenis racun yang memiliki sifat karsinogenik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru