Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizKebijakan Larangan Ekspor Nikel Ditentang IMF, Begini Kata Pengusaha Muda

Kebijakan Larangan Ekspor Nikel Ditentang IMF, Begini Kata Pengusaha Muda

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ikut berkomentar terkait pernyataan Dana Moneter Internasional (IMF) yang menentang kebijakan ekspor nikel yang diterapkan pemerintah.

Ketua Bidang Maritim, Kelautan, dan Perikanan Badan Pengurus Pusat HIPMI, Fathul Nugroho mengatakan, pihaknya mendukung pemerintah melawan pihak-pihak yang menentang kebijakan yang masuk dalam program hilirisasi tersebut, termasuk IMF.

Sebab ia menilai, kebijakan hilirisasi yang dijalankan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sudah tepat.

“Kebijakan hilirisasi sudah berjalan dengan baik. Terutama di sektor mineral, kebijakan tersebut berhasil meningkatkan investasi dan nilai tambah ekspor hasil pengolahan mineral,” ujar Fathul dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (1/7).

Fathul mengatakan, kebijakan hilirisasi terbukti dapat mengerek pertumbuhan ekonomi nasional. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terjaga di kisaran 5 persen.

Menurutnya, kinerja ekonomi nasional yang positif di tengah pelemahan ekonomi global membuat banyak pihak asing yang terkesan kurang suka dengan langkah-langkah yang diambil Indonesia, salah satunya terkait hilirisasi ini.

Oleh karena itu, HIPMI mewanti-wanti pemerintah untuk tidak terpengaruh dengan pandangan pihak asing dan tetap pada pendiriannya dalam menjalankan kebijakan hilirisasi sebagaimana mestinya.

“Pemerintah harus berani dan siap menghadapi pihak luar negeri yang kontra kebijakan tersebut, termasuk IMF,” sarannya.

Sebagai informasi Sobat Holopis, IMF meminta pemerintah Indonesia untuk mempertimbangkan penghapusan secara bertahap larangan ekspor nikel dan tidak memperluasnya untuk komoditas lain.

Permintaan itu disampaikan IMF dalam laporannya yang bertajuk ‘IMF Executive Board Concludes 2023 Article IV Consultation with Indonesia’.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.