HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Hilman Latief menyampaikan bahwa semua jemaah haji Indonesia yang masih tertahan di Muzdalifah telah terevakuasi dan tertangani dengan baik.

Tim juga sudah melakukan penyisiran lebih lanjut untuk memastikan tidak ada lagi jemaah haji Indonesia yang tertinggal untuk melanjutkan prosesi ibadah haji di Mina.

Alhamdulillah, kondisi di Muzdalifah sudah clear pukul 13.30, ini tim terakhir yang masih ada di sini, setelah dilakukan penyisiran Alhamdulillah sudah clear,” kata Hilman dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (28/6).

Selanjutnya, ia pun akan melanjutkan perjalanan ke Mina untuk mengawal proses ibadah jemaah haji Indonesia agar lancar di sana.

“Kita tahap berikutnya adalah ke Mina dan memastikan semuanya kondisi bisa tertangani,” ujarnya.

Sebelumnya, banyak jemaah haji Indonesia yang tertahan di Muzdalifah karena kondisi padat. Bahkan salah satu anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq mengabarkan, banyak sekali jemaah haji Indonesia yang terkapar karena dehidrasi.

“Ribuan jamaah tertunda di Muzdalifah dari sejak malam sampai menjelang dhuhur, mereka kehausan dan kelaparan. 44 derajat celsius membuat mereka tergeletak lemas,” kata Maman.