HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi mengklaim masih banyak anggaran di pemerintah yang tidak tepat sasaran. Bahkan kata dia, untuk berbagai program yang seharusnya dialokasikan untuk kepentingan masyarakat malah lebih banyak dihabiskan di level birokrasi.

“Sudah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu, sekali lagi, bukan untuk membiayai proses, bukan untuk membiayai birokrasi. Karena yang saya temukan justru habis banyak di birokrasi” kata Jokowi dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Senin (26/6).

Sehingga, lanjut Jokowi, program seperti pengentasan stunting, pertanian alokasi anggarannya tidak sampai maksimal ke masyarakat.

Oleh karena itu, Jokowi berharap tidak usah terlalu banyak membuat sebuah program yang tidak jelas tujuannya dan malah menghabiskan anggaran saja.

“Sehingga sekali lagi output dan outcome yang ditargetkan juga harus fokus, fokus pada program unggulan, nggak usah juga banyak-banyak program,” tegasnya.

“Sekali lagi fokus kepada program-program unggulan, seperti penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, membantu produktivitas petani dan nelayan, mengendalikan inflasi, membantu investasi dan lain-lainnya,” lanjutnya.