Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenkes Akui Testing dan Tracing Masih Lemah

JAKARTA, HOLOPIS.COMPemerintah menyebut, bahwa saat ini masih perlu dilakukan peningkatan testing dan tracing penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Sebab Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun sebenarnya mengakui bahwa Indonesia masih lemah dengan dua hal tersebut. Padahal, menurutnya itu syarat utama ketika arus desakan masyarakat untuk kembali beraktifitas normal sangat deras.

“Selain prokes, Presiden juga meminta testing dan tracing ditingkatkan. Ini adalah salah satu kelemahan kita yang sangat dibutuhkan kedepannya kalau kita mau secara bertahap membuka aktifitas sehari hari tanpa mengorbankan unsur keamanan,” kata Budi, Senin (9/8).

Budi mengatakan, meski peningkatan sebenarnya sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu, namun pemerintah merasa masih kurang untuk melakukan testing dan tracing.

Apalagi, target testing dan tracing ini adalah 400 ribu orang setiap harinya.

“Melihat testingnya sudah mengalami peningkatan cukup tinggi dari sebelum lebaran hanya puluhan ribu, sekarang sudah tes spesimennya di atas dua ratus ribu, itu kenaikan yang luar biasa. Tapi kami pikir masih perlu ditingkatkan lagi,” tegasnya.

Untuk tracing, Budi menambahkan, perlu juga dilakukan peningkatan. Mulai dari peng-inputan data yang lebih baik oleh para tracer digital dari unsur TNI dan juga Polri yang dilibatkan.

“Kami berharap beberapa minggu ke depan sudah bisa berjalan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru