HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kopi memiliki kandungan kafein dan beragam mineral seperti natrium, kalium, magnesium, fosfor, folat, mangan, dan kolin. Selain itu, di dalam kopi juga terkandung antioksidan polifenol dan hanya memiliki sedikit kalori.

Bila dikonsumsi dengan jumlah wajar kopi dapat menyehatkan tubuh dan meningkatkan energi. Tak hanya itu, banyak juga produk kecantikan kulit yang menambah kopi di dalam komposisinya karena diyakini bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Oleh karena itu, jangan lewatkan manfaat kopi yang beragam tersebut dengan menyimak penjelasan berikut ini guna mengetahui lebih banyak apa saja manfaat kopi untuk kulit, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Senin (19/6).

1. Mencegah Penuaan Dini

Penelitian mengungkapkan, kopi khususnya bagian kulit luar (silverskin) mengandung kafein, asam klorogenat (CGA), dan melanoidin yang memiliki efek antioksidan serta anti-aging. Selain itu, kafein pada kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan meningkatkan aliran darah di kulit. Kedua hal inilah yang dapat membuat wajah tampak awet muda, tak hanya itu dalam penelitian tersebut juga dibuktikan bahwa ekstrak silverskin kopi pada produk krim dapat membantu menjaga kekencangan dan kelembaban kulit serta mencegah kerutan di kelopak mata.

2. Mencegah Kulit dari Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Perlu diketahui paparan sinar matahari serta polusi udara seperti asap rokok dan kendaraan yang berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi rusak. Itu sebabnya, untuk mencegah hal tersebut salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kopi. Adapun, kandungan polifenol pada kopi diketahui mampu mencegah efek radikal bebas yang dapat merusak kulit.

3. Meredakan Peradangan Kulit

Dengan rutin menggunakan krim yang mengandung ekstrak kopi diyakini mampu membantu meredakan peradangan kulit akibat penyakit eksim dan rosacea. Manfaat tersebut diperoleh berkat, kandungan asam klorogenat dan melanoidin di dalam kopi. Selain itu, jika anda memiliki masalah kulit berjerawat, anda bisa mencoba skincare yang mengandung kopi. Hal ini karena, terdapat sifat antiinflamasi dan antibakteri pada kopi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

4. Mengurangi Mata Panda

Jika anda salah satu orang yang memiliki mata panda, cobalah untuk menggunakan produk yang mengandung kopi. Pasalnya, nutrisi pada kopi dapat membantu melancarkan aliran darah pada kulit, sehingga dapat mengurangi warna gelap pada mata panda. Namun, jika mata panda yang anda alami dipengaruhi oleh faktor genetika penggunaan kopi tidak dapat mencerahkan kehitaman yang ada di area bawah mata anda.

5. Mengurangi Selulit

Bagi sebagian orang, selulit dianggap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Oleh sebab itu, untuk mengatasi keluhan ini anda dapat menggunakan krim dengan ekstrak kopi. Pasalnya, nutrisi yang terkandung pada kopi dapat merangsang enzim yang bertugas untuk memecah lemak, sehingga membuat kulit akan menjadi lebih halus dan mengurangi selulit.

Itulah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan kulit anda, untuk memperolehnya anda dapat membuat kopi menjadi masker kulit atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung kopi.