Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

4 Bahan untuk Masker Mata, Dijamin Tanpa Drama

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kulit disekitar area mata merupakan bagian paling tipis dan sensitif, sehingga membuatnya rentan mengalami berbagai masalah yang ditandai dengan munculnya kantung mata, lingkaran hitam, ataupun mata tampak bengkak.

Umumnya, kondisi tersebut terjadi akibat kurang tidur, paparan sinar matahari, pelebaran pembuluh darah, hingga hiperpigmentasi. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui berbagai bahan yang dapat dijadikan masker mata, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Kamis (8/6).

1. Es Batu

Menggunakan es batu sebagai masker mata, dipercaya dapat membantu mengurangi bengkak dan menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, bungkus beberapa es batu dengan handuk bersih, lalu tempelkan pada kelopak mata.

Adapun cara lain yang dapat dilakukan yaitu, rendam handuk atau kain dengan air dingin, kemudian tempelkan handuk tersebut pada mata selama 20 menit.

2. Kantong Teh

Biasanya, beberapa orang sering membuang kantong teh celup setelah menyeduh teh. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut, pasalnya kantong teh celup dapat digunakan sebagai masker mata, guna mengatasi mata bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dan kafein pada teh yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, serta mengurangi penumpukan cairan bawah kulit. Beberapa jenis teh yang dapat digunakan untuk masker mata yaitu, teh hijau maupun teh hitam.

Penggunaannya, cukup rendam dua kantong teh pada air hangat selama 5 menit dan simpan di lemari es selama 15 menit-an, setelah dingin tempelkan kantong teh di bagian luar mata sekitar 10-15 menit.

3. Minyak Almond

Tak hanya es batu dan kantong teh, minyak almond juga dipercaya dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata, serta mata bengkak. Manfaat ini diperoleh, lantaran sifat anti radang dan kandungan antioksidan didalamnya.

Selain itu, minyak almond juga mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin K yang dapat membantu menjaga kulit di bawah mata tetap halus dan mencegah terjadinya pelebaran pembuluh darah, yang dapat menyebabkan perubahan warna pada kelopak mata.

4. Mentimun

Bahan alami yang satu ini, paling banyak digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam pada mata, serta bengkak akibat kurang tidur. Pasalnya, mentimun diketahui mengandung air dan antioksidan yang dipercaya dapat melembabkan, serta mengurangi bengkak pada mata.

Untuk mendapatkan manfaat masker mata yang satu ini, anda hanya perlu menempelkan irisan mentimun pada mata selama 10 menit, sebanyak 3 kali dalam sehari.

Itulah berbagai bahan yang dapat dijadikan masker mata, anda dapat menggunakannya sebelum tidur di malam hari. Usahakan untuk memberi pijatan lembut di sekitar area mata saat menggunakannya. Anda dapat ulangi perawatan masker ini, atau menggunakan daun sirih setiap malam hingga keluhan mata anda membaik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru