HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gigi putih bersih dan sehat serta tersusun rapi, merupakan dambaan semua orang. Selain menambah rasa percaya diri, memiliki gigi sehat juga merupakan pangkal tubuh yang sehat. Namun terkadang, ada beberapa kebiasaan buruk yang tanpa disadari dapat merusak gigi

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kerusakan gigi, sebaiknya segera hentikan bila ingin memiliki gigi yang sehat, kuat, dan berkilau. Simak penjelasannya seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Klikdokter, Rabu (7/6).

1. Mengunyah Es

Kebiasaan yang satu ini kerap digemari beberapa orang dan berpikir bahwa hal ini tidaklah berbahaya. Nyatanya, mengunyah es berisiko membuat gigi anda menjadi retak, selain itu pecahan es juga dapat mengiritasi gusi. Oleh karena itu, saat muncul keinginan mengunyah es batu, sebaiknya alihkan keinginan tersebut dan digantikan dengan permen karet bebas gula.

2. Menghisap Dot

Jika anda sering memberi bayi anda susu botol, kebiasaan yang satu ini kelak dapat berdampak pada kelainan dan kerusakan gigi. Untuk mencegahnya, hindari membiarkan bayi anda tertidur dengan gigi masih menggigit dota agar gula dalam susu tidak menempel pada giginya.

3. Konsumsi Makanan Manis dan Minuman Bersoda

Konsumsi makanan manis, memang diketahui menjadi musuh terbesar gigi. Pasalnya, permen dan minuman bersoda yang kebanyakan mengandung gula akan menempel pada gigi, dan diubah menjadi asam oleh bakteri yang dapat merusak gigi geligi anda. Sehingga, menyebabkan gigi berlubang.

4. Menggertakkan Gigi

Umumnya, kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi ini disebut dengan bruxism. Penyebabnya sendiri, dipicu oleh stress dan biasanya terjadi ketika tidur tanpa disadari oleh penderitanya. Ketika mengalami ini, dokter biasanya akan memberikan pelindung gigi berupa mouth guard yang digunakan saat tidur guna melindungi gigi anda dari kerusakan lebih lanjut.

5. Minum Kopi dan Wine

Adanya zat asam dalam kandungan kopi dan wine (anggur merah), dapat membuat gigi berubah warna menjadi kuning serta dapat merusak email di permukaan gigi. Noda yang timbul dari konsumsi minuman tersebut dapat dibersihkan dengan bantuan dokter gigi, namun kerusakan email akibat asam dari minuman-minuman tersebut hanya dapat dihindari dengan mengurangi kebiasaan buruk ini saja.

5. Membuka atau Menggigit Sesuatu dengan Gigi

Beberapa orang kerap lebih memilih cara alternatif untuk membuka sesuatu, sehingga jalan pintas yang dilakukan adalah membuka dengan gigi. Kebiasaan-kebiasaan tersebut seperti membuka tutup botol, merobek bungkus snack, ataupun menggigit pensil dengan gigi, anda harus menyadari bahwa gigi merupakan bagian dalam tubuh yang berfungsi sebagai pengunyah, estetis, dan bicara. Oleh karena itu, sebaiknya anda lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi geligi anda dengan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

6. Merokok

Tak hanya dapat membuat gigi kuning dan penyakit gusi, merokok juga berisiko menimbulkan kanker mulut. Itu sebabnya, berhentilah merokok bila menginginkan gigi yang sehat, kuat, dan putih.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi, tanpa disadari beberapa orang sering melakukan hal tersebut. Hindarilah hal-hal tersebut, bila ingin memiliki gigi yang sehat serta selalu menjaga juga kesehatan mulut dan gigi.