Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud MD : NTT Darurat Kasus TPPU

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan sebuah fakta mencengangkan terkait dengan kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Dari laporan yang didapatkan, hampir sebagian besar para korban TPPO tersebut ternyata justru marak terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sudah masuk ke level darurat.

“Sangat darurat, karena dari laporan yang diterima terhitung dari tahun 2020, 2021 hingga 2022 jumlahnya ada sekitar 1.900 mayat pulang ke Indonesia dan yang paling banyak memang NTT,” kata Mahfud dalam pernyataannya di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (1/6) seperti yang dikutip Holopis.com.

Oleh karena itu, dengan tugas barunya dari Presiden Jokowi untuk membentuk satuan tugas operasi khusus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), dirinya menyiapkan rencana jangka pendek dan menengah.

“Untuk jangka pendek dalam waktu bulan Juni nanti sudah harus jelas pemetaan dan tahapan serta langkah-langkah yang akan diambil terkait pelaku-pelaku TPPO,” urainya.

Barulah rencananya di akhir Juni Jokowi akan melakukan pembahasan lanjutan mengenai progres serta langkah-langkah penanganan TPPO.

Sementara untuk jangka panjangnya, Mahfud mengungkapkan bahwa Kepala Negara rencananya akan memperbaharui peraturan Presiden tentang gugus tugas TPPO itu sendiri.

“Nanti akan ada perubahan struktur dan Kapolri akan menjadi ketua harian TPPO-nya,” imbuhnya.

Dia pun mengatakan TPPO itu sudah pasti ada sindikatnya, karena anehnya korban TPPO tinggalnya di NTT tetapi paspornya keluarnya di Pontianak atau keluar dari daerah yang lain.

“Tentu ini adalah sindikat. Nanti kita akan lihat dan akan kita perbaiki,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dugaan Kebocoran Data, DJP Imbau Wajib Pajak Jaga Keamanan Data

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran data pada sistem mereka. Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP, Dwi Astuti.

Jokowi Salahkan Keteledoran Manusia Penyebab Kebocoran Data Terjadi Lagi

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menanggapi terjadinya kembali fenomena kebocoran data yang kali ini adalah data NPWP Kementerian Keuangan.

DJP Bantah 6 Juta Data NPWP Bocor

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membantah adanya dugaan kebocoran 6 juta data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru