Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mahfud Pastikan MK Belum Putuskan Gugatan soal Sistem Pemilu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengaku telah berkomunikasi dengan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait kabar putusan atas gugatan soal sistem Pemilu dalam UU Pemilu.

Menurut penuturan Mahfud, MK belum mengambil putusan atas gugatan tersebut. Pun kabar yang menyebut MK bakal mengabulkan gugatan tentang sistem Pemilu kembali ke proporsional tertutup hanyalah sebatas analisis saja.

“Saya tadi memastikan ke MK, apa betul (gugatan soal sistem Pemilu) sudah diputuskan? (MK bilang) belum, itu hanya analisis orang luar yang mungkin hanya melihat sikap-sikap para hakim MK, lalu dianalisis sendiri,” kata Mahfud dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (29/5).

Terlepas dari itu, menurut Mahfud, sistem proporsional terbuka maupun proporsional tertutup bagi penyelenggara Pemilu memiliki teknis administrasi yang sama.

“Kalau sistem terbuka itu ya tinggal menentukan yang nanti jadi anggota DPR, itu nomor yang paling banyak suaranya. Itu sistem terbuka, seperti yang sekarang ini berlaku. Kalau sistem tertutup ya tinggal menentukan nomor urut. Sekarang nomor urut oleh parpol kan belum final juga,” katanya.

Mahfud pun meminta semua pihak untuk bersabar dan menunggu putusan resmi dari MK terkait dengan sistem Pemilu tersebut. Ia mengatakan, bahwa putusan tersebut akan keluar dalam sepekan ke depan.

“Kita harus menunggu dan bagi kita sebagai penyelenggara tidak perlu risau dengan sistem apapun. Itu nanti yang risau kira-kira ya antar partai politik, antar calon,” katanya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

SBY Main ke Rumah Prabowo, Diajak Ngopi Sambil Diskusi

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jl Kertanegara No. 4 Jakarta Selatan, Kamis (19/9).

Indra Septiarman Sudah Ngaku Bunuh Nia

HOLOPPIS.COM, JAKARTA - Kapolres Padang Pariaman, AKBP Ahmad Faisol...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru