Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jangan Panik! Pemkot Padang Uji Coba Sirene Tsunami Setiap Bulan di Tanggal 26

HOLOPIS.COM, PADANG – Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa dan tsunami, Pemkot (Pemerintah Kota) Padang, Sumatera Barat lakukan pemeriksaan 12 sirene tsunami di wilayahnya.

Menurut Sekretaris Kota Padang, Andree Algamar saat melakukan uji coba sirene tsunami pada Minggu 28 Mei 2023 mengatakan hal tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi alat yang ada di beberapa titik di Kota Padang.

Dalam uji coba tersebut, juga dilakukan untuk mengetahui bunyi yang dihasilkan sirene tsunami ini maksimal atau tidak. Lalu, jarak sirene berbunyi juga diukur dalam radius 0 – 200 meter.

“Pada hari ini ada 12 titik sirene yang durasi bunyinya sekitar satu menit saat ujicoba aktivasi,” katanya dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Senin (29/5).

Andree menjelaskan, jika uji coba ini dilakukan pada tanggal 26 setiap bulan pada pukul 10.00 WIB. Oleh karena itu, ia minta agar masyarakat tidak panik saat sirine tsunami berbunyi namun tidak ada gempa.

“Kalau sirene berbunyi namun tidak ada gempa, berarti kita sedang uji coba aktivasi sirene pada jam dan tanggal tersebut,” jelasnya.

Selain itu, tujuan lain dari uji coba tersebut yakni meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana dan kepedulian pemahaman serta kesadaran masyarakat perlunya mitigasi bencana.

Sehingga, masyarakat sudah siap siaga saat bencana terjadi dan bisa mengurangi risiko bencana. “Kita tentu berharap Kota Padang senantiasa terhindar dari segala bencana seperti gempa atau tsunami. Namun jika itu terjadi maka kita harus siap siaga menghadapinya,” kata Andree.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru