HOLOPIS.COM, JAKARTA – Recep Tayyip Erdogan telah resmi menjadi Presiden Turki terpilih pasca pemungutan suara di Pilpres 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2023 kemarin. Pemungutan suara tersebut adalah pemilu putaran kedua untuk pemilihan Presiden pasca putaran pertama dilakukan tanggal 14 Mei 2023.

Dalam pidato perdananya, Erdogan mengaku senang bisa menyelesaikan putaran kedua dengan sesuai harapan.

“Kami telah menyelesaikan putaran kedua pemilihan Presiden dengan dukungan rakyat kami,” kata Erdogan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (29/5).

Kemudian, ia juga merasa bahwa apa yang telah diperjuangkan selama ini, membuktikan bahwa dirinya masih layak menjadi Presiden di negara tersebut.

“Insya Allah, kami akan layak atas kepercayaan Anda seperti yang telah kami lakukan selama 21 tahun terakhir,” ujarnya.

Sekadar diketahui, bahwa di dalam pemungutan suara pertama yang digelar pada tanggal 14 Mei 2023 lalu, Recep Tayyip Erdogan mendapatkan suara 49,50 persen suara, dan Kemal Kilicdaroglu memperoleh 44,89 persen suara. Sementara Sinan mendapatkan 5,17 persen.

Karena Erdogan dan Kemal sama-sama tidak berhasil mendapatkan suara 50 persen, maka Pemilu dilakukan putaran kedua dengan head to head antara Erdogan dan Kemal. Sementara Sinan mengalihkan suara ke Erdogan. Hasilnya, Erdogan mendapar 52,09 persen suara, dan Kemal Kilicdaroglu mendapat 47,91 persen.